Butuh Keseriusan Pemkab Kuansing

Rayo Onom di Baserah, Kadisbud Riau: Segera Daftarkan Buah Golek untuk Warisan Budaya

  • Rabu, 17 April 2024 - 21:45 WIB


KLIKMX.COM, KUANSING - Kadisbud Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen menghadiri acara Rayo Onom, di Baserah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Rabu (17/4/2024). 

Serangkaian kegiatan yang dikuti antara lain pelepasan rombongan Datuk Penghulu serta arak-arakan sampek-sampek dan kunjung Rumah Godang Empat Suku di Kenegerian Koto Tuo Baserah, hingga menyaksikan pertunjukan silat di Balai Pisah.


Apresiasi yang tinggi ia sampaikan mewakili Pj Gubernur Riau (Gubri) dan Kadisbud Riau. 


“Banyak warisan budaya yang ada di Koto Tuo Baserah, salah satunya Buah Golek yang sedang kami lakukan kajian dan pendokumentasiannya di momen ghayo onom ini,” ungkap Raja Yose kepada wartawan, Rabu (17/4/2024).

Kadisbud juga menegaskan bahwa perlu komitmen antara masyarakat dan pemerintah dalam upaya pelestarian objek budaya dalam memelihara nilai-nilai penting yang melekat dalam setiap peristiwa kebudayaan yang dilakukan.

“Diperlukan keseriusan dari Pemkab Kuansing untuk memberi penguatan kepada karya budaya yang ada di masyarakat Kuansing, khususnya budaya yang terancam punah,” tambahnya lagi seraya berharap Disparbud Kuansing segera mendaftarkan Buah Golek dan Sampek-Sampek Rayo Onom untuk pengakuan warisan budaya tak benda secara Nasional.


Mantan Kabiro Humas Pemprov Riau ini mengatakan, bahwa pentingnya pelindungan kepada sejumlah karya budaya bukan saja menjadi kepentingan komunitas atau pemangku adat. Namun diperlukan keberpihakan pemerintah agar ekosistem kebudayaan dapat terwujud secara patut.

“Kebudayaan yang kita pahami adalah kebudayaan yang dinamis, sesuai dengan kondisi masyarakat pendukungnya. Namun untuk mewariskan nilai-nilai kearifan lokal menjadi tanggung jawab semua pihak yang berkaitan. Sehingga ekosistem kebudayaan tercipta dan mengokohkan keberlangsungan nilai budaya ke masa depan,” pungkasnya. rls/mx

 

 



Baca Juga