Mahasiswa Unri Gelar Aksi di Gedung DPRD Riau karena Anggap Indonesia Gawat Darurat

  • Jumat, 26 Agustus 2022 - 21:45 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau menggelar unjuk rasa di depan gedung DPRD Riau, Jumat (26/8/2022).  Mahasiswa menyoroti kegagalan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan yang terus memburuk.

Adapun isu yang disuarakan mahasiswa di antaranya polemik Rancangan KUHP, kenaikan harga dan kelangkaan BBM, stabilitas harga bahan pokok, penanganan kasus pelecehan seksual dan konflik pertanian serta agraria di berbagai provinsi.


Massa aksi tiba di depan Gedung DPRD Riau pukul 16.30 WIB. Sebelum menggelar aksinya, mahasiswa Universitas Riau ini melaksanakan solat ashar berjamaah.


Orator massa aksi dalam orasinya menyebutkan, di tengah hari kemerdekaan RI masih banyak masyarakat Indonesia yang belum merasakan arti kemerdekaan sesungguhnya. 

"Sebelum merdeka kita dijajah oleh Belanda dan sengsara. Sekarang kesengsaraan rakyat pun masih dirasakan, jadi mana kemerdekaan itu?" ujar orator. 

Sebagai bentuk kekecewaannya, massa aksi menaruh keranda tertutup kain hitam yang bertuliskan 'Ironi 77 tahun Dirgahayu RI',  "Indonesia Gawat Darurat", "Harga pupuk menjepit petani", "BBM naik rakyat tercekik", " RKUHP Menggembosi Demokrasi", "BBM Langka Rakyat Merana Ulah Durjana", " Konflik Agraria Merajalela", "Terduga Pelaku KS tak Kunjung Diadili".(***)




Baca Juga