Dihadiri Senior dan Ratusan Wartawan, Zulmansyah Deklarasi Maju Kembali Ketua PWI Riau



KLIKMX.COM, PEKANBARU  - H Zulmansyah Sekedang mendeklarasikan diri maju kembali sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau, di Mabest Coffee, Jalan Rambutan, Pekanbaru, Ahad (22/5/2022) malam. Dengan kesolidan kepengurusan dan anggota PWI Riau saat ini, dia yakin terpilih kembali sebagai Ketua PWI Provinsi Riau lima tahun mendatang. 

''Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya menyatakan atau mendeklarasikan diri maju sebagai Ketua PWI Riau periode 2022-2027,'' tegasnya di hadapan ratusan Pemimpin Redaksi dan wartawan anggota PWI Riau yang hadir. 

Nmax April connecet 2022

Ketika tampil menyampaikan pernyataan, Komisaris Riau TV (Grup Harian Riau Pos) itu didampingi Sekretaris PWI Riau Amril Djambak, Bendahara Oberlin Marbun, Ketua Dewan Penasihat Helmi Burman dan Sekretaris Dewan  Kehormatan Fendri Jaswir. ''Tampilnya rekan-rekan ini melambangkan bahwa kepengurusan PWI Riau sekarang ini solid,'' ujar mantan Sekretaris KNPI Riau itu. 

Zulmansyah kembali mengangkat tagline 'PWI Riau Semakin HEBAT'. Tagline ini digunakannya ketika maju sebagai Ketua PWI Riau lima tahun lalu. Akronim dari apakah kata HEBAT itu?

Pertama, H ’’Harus UKW (Uji Kompetensi Wartawan) semua wartawan yang tergabung di PWI Riau. Setiap anggota PWI wajib ikut UKW. Tiga gelombang terakhir PWI Riau menggratiskan wartawan yang ikut UKW. 

Kedua, huruf E dari kata HEBAT berarti: ‘’Ekonomi wartawan diperhatikan dan diperjuangkan untuk ditingkatkan’’. Sebagaimana amanah Peraturan Dasar (PD) PWI Pasal 5 ayat 1 poin F tegas disebutkan: Organisasi PWI memperjuangkan kesejahteraan wartawan.

Dikatakan, tidak semua wartawan beruntung dalam ekonomi. Ada yang kurang beruntung. Selama lima tahun ini dibantu dalam program peningkatan ekonomi, baik dana bantuan UMKM atau bantuan langsung.

Ketiga, huruf B dari kata HEBAT berarti ‘’Bargaining power PWI Riau untuk kebaikan organisasi dan wartawan’’. Alhamdulillah, dalam lima tahun ini bergaining power PWI Riau dengan pemerintah daerah dan instansi lain cukup kuat dan disegani. 

Keempat, huruf A dari kata HEBAT berarti ‘’Aktualisasi diri  wartawan di PWI Riau harus ditingkatkan.’  Sejumlah anggota PWI menorehkan prestasi di bidang jurnalistik dengan menjuari lomba-lomba termasuk lomba bergengsi Piala Adinegoro. 

Diungkapkan, selama tiga tahun terakhir sudah 13 orang anggota PWI Riau memperoleh Press Card Number One (PCNO). Daerah lain hanya terbatas yang dapat. PWI Riau dua kali memperoleh penghargaan sebagai PWI terbaik se Indonesia. 

Kelima, huruf T dari kata HEBAT berarti ‘’Tempat silaturrahmi, edukasi dan hepi-hepi semua wartawan PWI. ‘’Tidak ada pembatasan untuk anggota, bahkan di luar anggota pun boleh bersilaturahmi ke PWI. ''PWI adalah rumah besar wartawan di Riau,'' ujar Zulmansyah. 

Berorganisasi, katanya, juga harus hepi-hepi. Untuk menghilangkan stres dan rutinitas. Alhamdulillah tiap tahun diprogramkan studi jurnalistik baik ke luar negeri maupun dalam negeri. Yang pergi tidak hanya itu saja. Banyak yang beruntung karena dicabut undian. Tapi ada juga apresiasi kepada anggota yang penuh dedikasi mengabdikan diri di PWI Riau. 

Zulmansyah yakin dengan bersama, PWI Riau akan lebih baik dan makin HEBAT di masa mendatang. ''Bersama kita bisa,'' katanya mengutip tagline mantan Presiden SBY. 

Deklarasi itu didahului dengan pembacaan doa. Dan diakhiri dengan testimoni oleh Zufra Irwan, anggota Dewan Kehormatan PWI Riau yang juga Ketua Komisi Informasi Riau, serta Eddy M Yatim, Ketua Komisi I DPRD Riau yang juga mantan wartawan anggota PWI Riau. 

Dalam Deklarasi itu hadir senior wartawan antara lain Hotman S, Said Suhil Achmad, Ridar Hendri, Kazzaini Ks, Yanto Budiman S, Raja Isyam Azwar dan lain-lain. Konferensi Provinsi PWI Riau akan dilaksanakan 22 Juni mendatang di Bengkalis.***

 

 

Jual-Rumah

Baca Juga