HUT ke 64 Provinsi Riau dalam Pandemi: Bangkit Bersama Menuju Riau Berdaya Saing

  • Senin, 09 Agustus 2021 - 19:44 WIB


PEKANBARU—Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memimpin peringatan Hari Jadi ke-64 Provinsi Riau secara virtual, Senin (9/8/2021) yang digelar di Gedung Daerah Provinsi Riau.
 
Gubri didampingi Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI M Syech Ismed, ketua DPRD Riau, Yulisman, Kajati Riau Dr Jaja Subagja SH MH, Marsma TNI Andi Kustoro dan Forkopimda.
 
Gubri dalam sambutannya mengatakan, perayaan tahun ini merupakan kedua kalinya dirayakan ditengah masa Pandemi Covid-19. Sehingga seluruh komponen di Provinsi Riau diajak agar mampu berbuat dan berkarya untuk negeri agar berbakti dengan hati. Hal ini sesuai dengan tema dalam peringatan Hari Jadi ke-64 Riau  yaitu Bangkit Bersama Menuju Riau Berdaya Saing. 
 
Dalam amanatnya sebagai pembina upacara Gubri mengatakan, untuk mencapai program-program agar maksimal ditengah Pandemi Covid-19 ini, dibutuhkan kerjasama dari seluruh komponen masyarakat Riau untuk bangkit dan bersinergi memajukan Provinsi Riau. 
 
“Kepada kita yang sampai hari ini masih mampu berbuat dan berkarya untuk negeri, mari berbakti dengan hati. Apa yang kita punya selain harapan adalah semangat dan do’a,” kata Gubri. 
 
Dengan peringatan HUT Riau ini, Gubri mengajak semua pihak senantiasa berani berinovasi dan kreatif dalam menggerakkan segala sektor dan bidang pembangunan. Sehingga keadaan yang serba terbatas akibat pandemi ini, tidak menjadikan aktivitas roda pemerintahan dan masyarakat menurun. 
 
Kemudian, agar mampu menyelesaikan segala permasalahan Gubri mengajak semua pihak dapat memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini. 
 
"Mari tingkatkan silaturahmi dan kerjasama untuk Bangkit Dari Pandemi menuju Riau Berdaya Saing," pungkasnya. 
 
Dengan situasi yang masih ditengah Pandemi ini, Gubri menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah membantu melakukan penanganan COVID-19 di Riau. Ia menyebutkan bahwa upaya pengendalian penanganan COVID-19 membutuhkan dukungan bersama. 
 
“Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi atas kerja sama dan bantuan dari Forkopimda Riau, DPRD Riau, Bupati/Wali Kota serta Forkopimda Kabupaten/Kota se-Riau, Kepala OPD, Kepala Instansi Vertikal, dan TNI/POLRI,” kata Gubri.
 
Ucapan terimakasih juga turut disampaikan kepada BUMN/BUMD/Perusahaan Swasta, Perguruan Tinggi, Tim Relawan COVID-19 Riau, Ulama/Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Paguyuban, Tokoh Wanita dan Pemuda, para Mahasiswa, Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Dokter Spesialis serta pimpinan Rumah Sakit dan non medis yang telah membantu dalam penanganan COVID-19 di Provinsi Riau.
 
Untuk saat ini, Gubri mengungkapkan pihaknya dari Satgas Riau, juga tengah gencar melakukan Testing, Tracing, dan Treatment, untuk mengetahui sejauh mana tingginya tingkat penularan COVID-19 di Provinsi Riau, serta memaksimalkan pengobatan kepada masyarakat yang terpapar di rumah sakit dan tempat isolasi. 
 
Langkah itu, sebut Gubri, adalah untuk menekan kasus COVID-19, kata Gubri, yakni pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di seluruh wilayah Provinsi Riau agar terbentuknya Herd Imunnity. Kepada segenap masyarakat Riau Gubernur Syamsuar juga mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-64 Provinsi Riau.
 
“Mari tingkatkan silaturahmi dan kerjasama untuk Bangkit dari Pandemi menuju Riau Berdaya Saing. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan segala ikhtiar dan kerja keras menjadi amal ibadah dari Allah SWT, Aamiin Ya Rabbal Aalamiin,” ujarnya. 
 
Selain itu rangkaian kegiatan, Gubri turut menyapa Tokoh Masyarakat Provinsi Riau yang terhubung secara virtual.
 
Kemudian, Gubri mempersilahkan para tokoh masyarakat Riau, untuk memberikan nasehat ataupun masukan-masukan bagi Provinsi Riau. 
 
Tokoh pertama yang memberikan masukan adalah Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi. “Bapak-bapak orang tua kami tokoh masyarakat, para gubernur Riau sebelumnya, yang dihubungkan secara daring, Kami Pemko Pekanbaru dan Forkompinda Kota Pekanbaru bersama  kepala SKPD dan seluruh masyarakat Pekanbaru mengucapkan tahniah hari jadi Provinsi Riau Ke 64. semoga kita bisa bersama sama  mengatasi pandemi Covid19 dan Riau ke depan semakin berdaya saing,” kata Wakil Ayat Cahyadi.
 
Kemudian, digiliran Ketua Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau Chaidir turut menjelaskan Riau Memiliki Modal sosial untuk Bangkit dengan istilah pepatah “Berat sama di pikul ringan sama di jinjing”.
 
“Sebagai Ketua  forum komunikasi Pemuka Masyarakat Riau kami  mengucapkan tahniah dan  selamat hari jadi Provisni Riau ke 64 , semakin maju dan  berjaya. mari bangkit bersama , karena kita memiliki modal sosial yang sering di istilahkan berat sama di pukul ringan sama di jinjing. Hal ini perlu kita kembangkan. senantiasa berpikir positif, beradaptasi terhadap kesulitan yang kita hadapi,memperbaiki diri memperbaiki komunikasi diri kita. kami optimis dengan rasa percaya diri bisa bersma bangkit menuju Riau berdaya saing,” kata Chaidir. 
 
Disusul, sapaan Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau Al-Azhar turut menyapa Gubernur Riau dan mengucapkan tahniah  Hari Jadi ke 64 Provinsi Riau.
 
“Tahniah hari jadi ke 64 Provinsi Riau dan semoga tujuan kita tercapai menjadi provinsi yang berdaya saing. saat ini dalam situasi yang sulit karena pandemi Covid-19 ini. melalui forum ini izinkan dari LAM Riau menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa  pandemi bisa atasi dengan kebersamaan. kesulitan yang di buat pandemi Covid-19 memerlukan persatuan dan kesatuan kita, memerlukan rasa krisis yang sama diantara kita. oleh karen itu senasib sepenanggungan, hidup se-negri beri memberi menjadi sebuah budaya , dan nilai dari adat istiadat kita yang pada hari ini di tuntut untuk di implementasikan. Tahniah Datok seri setia amanah Gubernur Riau, Tahniah seluruh masyarakat Riau atas hari jadi ke 64,” kata Al-Azhar. 
 
Turut juga Mantan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman turut memberikan Ucapan Tahniah pada hari Jadi Provinsi Riau Ke 64 ini. 
 
“Secara pribadi dan keluarga mengucapkan Selamat hari jadi ke 64 Provinsi Riau. semoga di masa Pandemi ini kita tetap bersatu bersama bahu membahu menghadapi pandemi ini untuk menuju Riau yang berdaya saing di segala sektor.  ini merupakan semangat kolaborasi yang terus kita bangun untuk terus mencapai Visi Riau 2025 dan visi gubernur Riau sampai 2024. sehat selalu untuk semua,” kata Andi Rahman. 
 
Setelah mendengar nasehat dan masukan dari berbagai Tokoh Masyarakat Provinsi Riau, Gubernur Riau Syamsuar mengaku berterima kasih dan mengapresiasi segala masukan untuk kemajuan Provinsi Riau. 
 
“Terima kasih memberikan semangat, dorongan dan support dan termasuk forkompinda , Doakan kami dapat melaksanakan tugas ini dengan amanah. tegur sapa Kami jika kelur dari amanah yang di berikan,” ujar Gubri. 
 
Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi SH SIK MSi mengucapkan selamat tahniah hari jadi Provinsi Riau ke 64.
 
“Saya Kapolda Riau dan jajaran mengucapkan selamat hari jadi ke-64 Provinsi Riau,” kata Kapolda.
 
Di usia 64 tahun ini, Kapolda mengajak, semua pihak bersama-sama membangun dengan menguasai ilmu pengetahuan, ekonomi dan keuangan.
 
“Mari kita bersama-sama membangun dengan menguasai ilmu pengetahuan ekonomi dan keuangan,” sebut Kapolda.
 
Kapolda juga menyampaikan pantun diakhir pernyataannya, “Burung nuri berbulu merah hinggap sebentar di pohon kerui 64 tahun Provinsi Riau berkiprah bangkit bersama menuju Riau berdaya saing,” pungkasnya.***



Baca Juga