Riau Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem hingga 21 April, Diperkirakan Terjadi di 8 Kabupaten Kota

  • Kamis, 18 April 2024 - 19:43 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Beberapa daerah di Provinsi Riau diprediksi mengalami cuaca ekstrem hingga tanggal 21 April mendatang. Hal ini disampaikan Kepala BMKG Pekanbaru Irwansyah Nasution.

Irwansyah mengatakan, situasi ini diprediksi sudah terjadi sejak hari Selasa tanggal 16 April lalu.


“Cuaca ekstrem di beberapa wilayah Provinsi Riau dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi,” jelas Irwansyah, saat dihubungi Pekanbaru MX, Kamis (18/4/2024).


Lebih lanjut disampaikan Irwansyah, bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembaban.

“Akibat bencana hidrometeorologi dapat mengakibatkan kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, angin puyuh, gelombang dingin hingga gelombang panas. Bahkan hujan es,” terang Irwansyah.

Pihaknya memperkirakan potensi bencana tersebut dapat terjadi di beberapa kabupaten/kota seperti di Kota Dumai, Meranti, Bengkalis, Rohul, Kampar, Pekanbaru, Pelalawan, Kuansing hingga Indragiri Hilir (Inhil).


“Potensi cuaca ekstrem tersebut diperkirakan terjadi di delapan Kabupaten kota di Provinsi Riau,” ucap Irwansyah.

Menurutnya, potensi bencana itu disebabkan suhu air laut yang hangat sehingga mengakibatkan peningkatan pasokan uap air ke atmosfer. Kemudian, terjadi belokan air di Provinsi Riau yang dapat membuat pertumbuhan awan-awan hujan cukup signifikan. 

Setelah itu, akibatnya juga ada gangguan atmosfer gelombang Kelvin yang juga dapat mendukung terbentuknya awan-awan konvektif yang massif di wilayah Provinsi Riau.

“Kami mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa waspada terhadap peningkatan kecepatan angin dan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang selama sepekan ke depan,” ucap Irwansyah. 

Pihaknya juga berharap masyarakat dapat mengantisipasi dampak cuaca ekstrem tersebut.

“Kami berharap masyarakat dapat selalu memantau cuaca terkini serta peringatan dini cuaca ekstren melalui website https //nowcasting bmkg go id/,” pesan Irwansyah.

Irwansyah mengarahkan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih bisa juga mengikuti media sosial BMKG Pekanbaru.

“Masyarakat dapat mengupdate informasi di medsos kami yakni pada intagram @infocuacarigy, atau saluran telepon serta WhatsApp : 08117600063,” imbuh Irwansyah mengakhiri. ***



Baca Juga