Tim Kemenkes Tinjau Lokasi Akan Dibangun Rumah Sakit Jantung di Pekanbaru

  • Kamis, 19 Januari 2023 - 14:45 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Tim Menteri Kesehatan (Menkes) hari ini meninjau lokasi yang akan dibangun rumah sakit pusat otak dan jantung di Pekanbaru, Kamis (19/1/2023).

Tim Kemenkes ini dipimpin Direktur Pelayanan Kesehatan dr Yanti Herman. Ia datang ke Riau pasca pertemuan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dengan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin, di Jakarta beberapa waktu lalu.


"Hari ini tim dari Kemenkes datang meninjau lokasi yang akan dibangun rumah sakit otak dan jantung," kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau Zainal Arifin.


Setelah itu, kegiatan akan dilanjutkan rapat pembahasan rumah otak dan jantung. Rencana selanjutnya, Dirjen Pelayanan Kesehatan akan datang ke Riau menindaklanjuti pembangunannya.

"Agenda lainnya Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, Kemenkes juga akan melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau, dan RSUD Petala Bumi Riau," terang Zainal. 

Rencananya pembangunan rumah sakit ini setelah pertemuan Gubri Syamsuar bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin menemui Menkes, di Jakarta, Senin (16/1/2023).


"Alhamdulillah apa yang menjadi arahan pak Presiden langsung ditanggapi oleh pak Menteri Kesehatan, dan beliau menyambut baik," kata Gubri. 

Mendukung hal itu, Gubri mengatakan akan menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah sakit menyiapkan sumber daya manusia juga akan segera disiapkan seperti dokter, perawat dan lainnya. 

"Tadi Pak Menteri juga menanyakan langsung secara teknis kesiapan tenaga medis kita. Baik dokter spesialis maupun perawat dan itu semua sudah kita siapkan," ujarnya. 

Gubri menyatakan, pembangunan fisik bangunan rumah sakit jantung dan otak sepenuhnya akan menjadi kewenangan pemerintah pusat dan mulai dibangun tahun ini, di atas lahan seluas 10 hektar, di Jalan Naga Sakti, Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

"Usulan kita diterima pak Presiden dan beliau langsung menugaskan pak Menkes untuk menindaklanjutinya," kata Gubri. ***

 

 



Baca Juga