Tim Medis Lapas Kelas II A Pekanbaru Lakukan Pencegahan Kanker

  • Kamis, 18 April 2024 - 20:22 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Sejumlah warga binaan Lapas Kelas II A Pekanbaru menjalani penanganan bagi yang terindikasi mengidap penyakit kanker, Kamis (18/4/2024).

Jemput bola ini dilakukan mengingat penyakit tersebut tergolong ke dalam penyakit yang berisiko tinggi.
 
“Langkah ini merupakan penanganan khusus bagi sipenderitanya. Salah satunya adalah dalam hal pengolahan makanan,” kata dokter Lapas Kelas II A Pekanbaru Sri Handayani kepada Pekanbaru MX, Kamis (18/4/2024).


Sri mengatakan, pengolahan makanan dilakukan mulai dari pemotongan, pembersihan dan peracikan bumbu makanan dilakukan oleh sesama warga binaan yang telah mendapatkan pelatihan.


“Ada petugas yang bertanggungjawab di bidang tersebut,” terang Sri.

Prosesnya, lanjut Sri, pihaknya memberikan pengarahan kepada petugas dapur yang membuat dan mengolah makanan warga binaan agar disesuaikan dengan kebutuhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menderita penyakit kangker tadi. Keluhan umum yang dirasakan oleh WBP tersebut adalah susah untuk menelan makanan.

Selanjutnya, kata Sri, petugas medis merekomendasikan membuat makanan lunak seperti bubur, memberikan buah buahan yang banyak mengandung kadar air dan meminum susu yang tinggi protein


“Saat ini terdapat pasien sekaligus warga binaan kita yang menderita penyakit kanker dengan keluhan susah untuk menelan makanan. Maka, kita berikan atensi khusus bagi yang bersangkutan agar mengkonsumsi makanan yang lunak dan mudah untuk ditelan tanpa mengurangi kebutuhan gizi pasien,” jelas Sri. 

Pihaknya juga merekomendasikan penambahan gizi dengan buah-buahan yang banyak kandungan air dan susu yang berprotein tinggi. 

“Rekomendasi itu sejalan dengan arahan Kakanwil Kemenkumham Riau Budi Argab Situngkir agar setiap warga binaan pemasyarakatan mendapatkan penanganan kesehatan yang baik,” sebut Sri mengakhiri. ***



Baca Juga