Penelitian Tunjukkan BPA Berbahaya, Ancam Kesehatan Masyarakat Indonesia

  • Senin, 02 Oktober 2023 - 11:10 WIB


HINGGA saat ini, galon yang mengandung BPA masih terus beredar di Indonesia. Padahal, bahaya BPA jika terpapar pada tubuh manusia dalam jangka panjang akan sangat fatal. Itulah mengapa edukasi tentang BPA ini sangat penting pada masyarakat.

Meskipun sudah banyak yang tahu, tetapi tentu masih ada beberapa orang yang belum menyadari bahaya BPA atau bisphenol A. Selain itu, mengapa BPA berbahaya juga masih menjadi pertanyaan. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian sampai dengan alasan pelarangannya.


Menurut Prof Junaidi Khotib SSi MKes PhD Apt BPA adalah bahan kimia yang mengganggu fungsi endokrin, hormon dalam tubuh. Jika tubuh terpapar BPA, maka akan terjadi gangguan fisiologi karena endokrin terganggu.


Umumnya, BPA ini digunakan sebagai produksi plastik, termasuk galon yang berisi air minum di Indonesia. Namun, zat ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kelainan endokrin yang mengakibatkan berbagai penyakit.

Di luar negeri, BPA sudah menjadi concern yang luar biasa. Kebijakan mengenai BPA sendiri terus berubah, mulai dari tahun 2010 sampai tahun 2015 jumlah BPA yang diperbolehkan semakin mengecil. Hal itu menunjukkan adanya concern terhadap dampak kesehatan BPA.

Namun sayangnya, di Indonesia topik ini belum begitu diperhatikan. Peredaran galon yang masih mengandung BPA masih terus berjalan dan membuat risiko kesehatan akibat paparan BPA meningkat.


Mengapa galon ber-BPA di Indonesia masih diperbolehkan?
Menanggapi banyaknya kandungan BPA pada galon AMDK di Indonesia, BPOM pada dasarnya sudah mengetahui masalah ini. Namun, penggantian antara satu produk dengan produk lainnya memang tidak mudah dan bertahap.

Pelarangan galon BPA pun baru akan dilakukan dalam jangka pendek, seperti penurunan tolerability daily intake, seperti di Eropa. Kemudian, ada rencana pelabelan produk yang mengandung polikarbonat sehingga masyarakat bisa melihat apakah produk tersebut berbahaya atau tidak.

Mengapa banyak merek yang masih menggunakan galon BPA?
Alasan mengapa galon BPA masih terus beredar itu salah satunya karena harga PET relatif lebih tinggi dibandingkan dengan polikarbonat. Polikarbonat juga tersedia lebih banyak di pasaran. Bahannya pun lebih stabil dan kuat karena keras, tetapi sayangnya juga lebih berbahaya.(***)



Baca Juga