Hari Ini, Riau Sumbang 38 Hotspot di Sumatera

  • Selasa, 08 Agustus 2023 - 15:35 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Kebakaran hutan masih terjadi di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau. Hari ini terhitung ada 38 hotspot terdeteksi alat Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Selasa (8/8/2023).

Sedangkan untuk se Pulau Sumatera, terdeteksi sebanyak 173 hotspot yang berada di sembilan provinsi.


Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru Yasir P menjelaskan, titik hotspot terbanyak berada di wilayah Pelalawan yakni 12 titik. Disusul, masing-masing lima titik hotspot di Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.


Selanjutnya, masing-masing empat titik terdeteksi di Kabupaten Bengkalis dan Siak. Sisanya, masing-masing terdeteksi dua titik hotspot di Kabupaten Rohul, Rohil, Kuansing dan Kampar.

"Jadi 38 titik hotspot yang terdeteksi berada di sembilan kabupaten terbanyak itu di Pelalawan sebanyak 12 titik," terang Yasir kepada Pekanbaru MX, kemarin.

Untuk sebaran 173 titik hotspot di sembilan provinsi, hari ini terbanyak di Provinsi Lampung dengan total 50 titik. Terbanyak kedua berada di Sumatera Selatan dengan total 40 titik, disusul sebanyak 38 titik di Riau.


Setelah itu, sebanyak 29 titik hotspot di Provinsi Jambi. Selanjutnya, tujuh titik di Bangka Belitung, empat di Bengkulu dan dua di Aceh serta Sumatera Barat. Terakhir satu titik di Sumatera Utara.

"Untuk hotspot se Pulau Sumatera, terbanyak ada di Provinsi Lampung dengan total 50 titik," tutup Yasir. ***

 

 



Baca Juga