Terima Kunjungan Konjen Jepang, Rektor Unri Sri Indarti: Ini Peluang Kerja Sama

  • Rabu, 22 November 2023 - 16:36 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Sri Indarti SE MSi menyambut hangat kedatangan Konsulat Jendral Jepang Wilayah Medan dan sekitarnya Mr Takonai Susumu, di Ruang Kerja Rektor, Gedung Rektorat Unri, Rabu (22/11/2023).

Kedatangan Konsulat Jendral Jepang ke Unri untuk menjalin silahturrahmi dengan Perguruan Tinggi Wilayah Kerja dari Konsulat Jepang yang meliputi Sumatera Bagian Tengah.


Saat menyambut rombongan, Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang Akademis Dr Mexsasai Indra SH MH, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr Agus Sutikno SP MP, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Hermandra SPd MA, Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerja Sama dan Sistem Informasi Dr Ir Syofian Husein Siregar Mphil, serta Koordinator Program Studi Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr Merri Silvia Basri SS MSi.


Rektor mengatakan, banyak hal yang bisa dibahas, di antaranya peluang kerja sama antara Universitas Riau dengan Jepang."Kerja sama yang dibahas, baik itu dari sisi Perguruan Tinggi, Pemerintah Jepang maupun dengan swasta yang ada di Jepang," ungkapnya Rektor Unri Sri Indarti.

Pihaknya, lanjut Rektor, memikirkan bagaimana agar kerja sama dengan Jepang terus ditingkatkan. "Banyak dosen kita juga lulusan Jepang, sehingga Jepang bukanlah orang baru bagi kita, melainkan mitra kita (Unri, red) yang telah lama berjalan bersama," sebut Rektor Unri.

Senada dengan Rektor, Dr Ir Syofian Husein Siregar selaku Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Perencanaan dan Sistem Informasi berharap ada visiting lecture, join research, students exchange, dan kerja sama lainnya.


"Unri ini memiliki kekuatan dalam keragaman budaya, yang saya harapkan dapat dikemas dengan baik sebagai bahan kerja sama pertukaran pengetahuan kebudayaan dengan Jepang," harapnya.

Menyikapi respon rektor dan jajaran Mr Takonai akan berusaha melakukan komunikasi intensif dengan otoritas Jepang agar apa yang menjadi keinginan Rektor Unri tersebut dapat segera terealisasi.

"Kami di sini (Konsulat Jendral Jepang, red) hadir sebagai perpanjangan tangan pemerintah Jepang, tentunya apa yang menjadi keinginan Bu Rektor untuk menjalin kerja sama akan sangat berati bagi kami,’’ ungkap Mr Takonai Susumu. ***

 

 

 



Baca Juga