Gelar Safari Ramadan, Pertamina EP Lirik Santuni Anak Yatim

  • Sabtu, 06 April 2024 - 06:04 WIB


KLIKMX.COM, INHU - Pertamina EP Lirik menutup rangkaian kegiatan di bulan Ramadan ini dengan Sosialisasi Prosedur Tanggap Darurat pada masyarakat di sekitar wilayah produksi di Masjid Sholihin Japura. 

Sosialisasi diadakan pada warga Desa Japura dan Desa Pasir Sialang Jaya, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). 


Kedua desa ini sempat dilanda bencana alam banjir di awal tahun yang menyebabkan sejumlah sumur produksi Pertamina EP Lirik dimatikan sementara. 


Emergency Response Officer Pertamina EP Lirik Harry Panjaitan menjadi pembicara dalam sosialisasi kali ini. 

Harry menerangkan setidaknya terdapat tiga resiko aktivitas migas, yaitu kebakaran, tumpahan minyak dan bencana alam. Pertamina memiliki kerangka acuan dalam merespon keadaan darurat yang disebabkan oleh hal tersebut. 

Upaya pencegahan dilakukan agar tidak sampai terjadi keadaan darurat, dan apabila terjadi segera direspon agar tidak menimbulkan eskalasi dampak. 


“Masyarakat menjadi mitra kami dalam mendeteksi tahapan paling awal bila terjadi potensi keadaan darurat,” ungkap Harry. 

Sosialisasi berlangsung dengan tanya jawab dan diskusi yang menambah wawasan mengenai sistem keamanan fasilitas produksi sehingga tidak membahayakan masyarakat, karakter minyak di Lirik, prosedur tanggap darurat, hingga tanggung jawab sosial perusahaan. 

Sementara itu, Camat Lirik Harmes Jhoni dalam sambutannya di pembukaan acara mengimbau pada masyarakat untuk selalu berkomunikasi dengan pemerintahan setempat dan pihak Pertamina. 

“Pertamina EP ini sudah menjadi bagian dari masyarakat Lirik, jadi kita ikut merasa memiliki dan bersinergi. Kami imbau masyarakat untuk bijak melihat situasi, komunikasikan pada jalurnya. Bisa ke RT, Kadus atau Kades dan humas Pertamina,” sebutnya. 

Selain kegiatan sosialisasi, sepanjang bulan Ramadan 2024 ini Pertamina EP Lirik telah menyalurkan santunan kepada total 140 orang anak yatim dan kaum dhuafa dan bantuan sarana prasarana rumah ibadah. Disertai dengan kultum siraman rohani, Safari Ramadan diadakan di masjid yang berada di Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Inhu.

Manager Pertamina EP Lirik Field Luqman Arif menjelaskan, bahwa Safari Ramadan digelar untuk bersilahturahmi dengan masyarakat sekaligus memberikan kebermanfaatan dan berkah di bulan yang suci ini. 

“Bekerja dan hidup berdampingan dengan masyarakat serta memberikan dampak positif selalu kita upayakan. Mohon doanya agar Pertamina EP Lirik dalam menjalankan operasi produksinya diberi kelancaran, sehat dan aman,” imbuhnya. 

Safari Ramadan juga menjadi ajang silahturahmi Pertamina EP Lirik dengan dengan awak media, yakni sejumlah media yang dinaungi PWI Pelalawan dan PWI Indragiri Hulu. 

“Silahturahmi seperti inilah yang membuat hubungan Pertamina dan kami (media) selalu baik, mudah dijangkau untuk konfirmasi berita maupun untuk kerja sama-kerja sama kegiatan,” ungkap Ketua PWI Inhu Kasmedi SAg, saat berbuka bersama sekaligus sosialisasi dilakukan terpisah di dua kabupaten tersebut. ***



Baca Juga