Jalankan Perintah Kapolri Sigit dan Program Kapolda M Iqbal

Capai Herd Immunity, Polres Pelalawan Sediakan Lapak Pangker untuk Masyarakat

  • Senin, 14 Maret 2022 - 02:56 WIB


KLIKMX.COM, PELALAWAN - Polres Pelalawan mendirikan fasilitas Lapak Vaksin di Pangkalan Kerinci atau dinamakan “Lapak Pangker”. Lapak Pangker ini sengaja didirikan untuk  mencapai Herd Immunity di tengah masyarakat Kabupaten Pelalawan, dengan memutus mata rantai Covid-19, dengan cara vaksinasi, Jumat (11/3/2022) lalu.

Inovasi ini dibuat setelah sebelumnya membuat program antar jemput masyarakat yang mau divaksin, atau AVATAR (Ajak Vaksin Antar), yang berhasil meningkatkan jumlah masyarakat yang divaksin. 


Selain menguatkan imun, langkah ini juga dilakukan untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19 di tengah masyarakat.


Kapolres Pelalawan AKBP Guntur Muhammad Tariq menjelaskan, bahwa Lapak Pangker merupakan gerai vaksin yang didirikan Polres Pelalawan di Jalan Utama, Pangkalan Kerinci, Pelalawan.

“Lokasi ini mulai beroperasi dari jam 08.00 WIB hingga Pukul 22.00 WIB,” ujar Guntur kepada Pekanbaru MX, Senin (14/3/2022).

Guntur mengatakan, disebut Lapak Pangker, karena tidak semua masyarakat memiliki kesempatan dan waktu untuk datang pada gerai vaksin yang hanya beroperasi mulai dari pagi sampai siang hari.


“Tempat ini didirikan karena di Kabupaten Pelalawan merupakan kawasan industri, dan sebagian besar masyarkatnya adalah pekerja di perusahaan,” terang Guntur.

Lanjut Guntur, dengan keberadaan Lapak Pangker ini, masyarakat yang terkendala untuk vaksin pada jam kerja bisa memiliki kesempatan untuk segera divaksin. 

“Lapak ini menyediakan dosis pertama, kedua, maupun yang ketiga. Inovasi ini juga sejalan dengan perintah Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, saat memimpin Vidcon Vaksin Massal pada tanggal 9 Maret 2022,” jelas Guntur.

Hal ini, kata Guntur, juga sejalan dengan program Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal, yang mengarahkan seluruh jajaran kepolisian, khususnya jajaran Polda Riau untuk mendukung percepatan vaksinasi sesuai dengan program pemerintah. Terutama untuk vaksin dengan sasaran Lansia dan anak.

“Kita membuka gerai vaksin sampai malam. Karena memang di Kabupaten Pelalawan sendiri banyak karyawan yang memang mereka waktu lowong untuk vaksinnya adalah setelah jam pulang kerja,” ujar Guntur.

Masyarakat yang bisa mengikuti vaksinasi, sebut Guntur, tidak hanya para pekerja, tetapi juga warga yang belum divaksin, atau yang ingin mendapatkan booster untuk datang ke gerai vaksin di Lapak Pangker, dan gerai vaksin lainnya yang disediakan Polres Pelalawan.

“Banyak keuntungan kalau sudah divaksin. Selain dapat menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga, juga bermanfaat untuk keperluan-keperluan lainnya. Seperti melakukan perjalanan darat, udara dan laut, yang sudah divaksin lengkap, tidak perlu lagi menggunakan surat antigen maupun PCR,” pungkas Guntur.***

 



Baca Juga