Vaksinasi Tokoh Publik Sukses, Gubri Imbau Daerah Mengikuti

  • Senin, 01 Maret 2021 - 20:26 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Gubernur Riau Syamsuar bersama Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 Provinsi Riau terhadap pejabat publik yang digelar di Gelanggang Remaja Pekanbaru,  Senin (1/3/2021).

Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua pejabat publik ini, karena mereka diprioritaskan mengingat dalam bekerja, mereka berkontak dengan orang banyak orang sehingga berisiko tinggi terpapar.


''Kami bersama Kapolda hari ini meninjau pelaksanaan vaksin untuk pejabat publik,'' kata Gubernur.


Bagi mereka yang masuk kategori pejabat dan tokoh publik ini yang dimaksud adalah TNI, Polri, ASN, tokoh agama, para pendidik, wartawan, atlet, DPRD hingga pedagang pasar.

Sedangkan, untuk tambahan vaksinasi bagi lansia. Pelaksanaan nya dilakukan rumah sakit. ''Pertimbangannya, kalau lansia ini ada penyakit komorbid bisa segera bisa dilakukan perawatan di Rumah Sakit nya,'' ungkap Gubernur.

Kemudian, untuk vaksinasi bagi pedagang di pasar. Pelaksanaannya, akan dilakukan di pasar. 


Menurut Gubernur, hingga saat ini baru 11.400 lebih yang telah divaksinasi. Di mana, Pemprov menargetkan 36.000.

''Kita harapkan masih ada penambahan karena target awal nya ada 36.000,'' harapnya.

Melihat suksesnya pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini, Gubernur berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif. Demi menyukseskan pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 di Provinsi Riau.

''Alhamdulillah. Melihat vaksinasi tahap dua berhasil, kami berharap kepada seluruh bupati dan wali kota untuk segera melakukan hal yang sama,'' ajaknya. 

Disela-sela peninjauan, Gubernur tak lupa memberikan semangat kepada tenaga kesehatan yang sedang bertugas memberikan vaksinasi serta kepada para peserta yang akan divaksinasi.

Sedangkan, mengomentari rencana pelaksanaan vaksinasi mandiri atau vaksin gotong-royong, Pemprov Riau, kata Gubernur masih menunggu petunjuk dari pusat terkait pelaksanaannya.

Di mana menang secara resmi vaksin gotong royong sudah diizinkan oleh pemerintah Melalui Permenkes dan efektif akhir Maret 2021.

''Kami masih akan menunggu petunjuk dari Kemenkes dan Satgas Covid-19 nasional, mengenai pelaksanaan vaksin ini untuk di daerah,'' jelas Gubernur.*



Baca Juga