Di Bonai Ada Masjid dan Gereja Baru Bersebelahan, Camat: Wujud Toleransi

  • Rabu, 08 November 2023 - 12:14 WIB


KLIKMX.COM, ROKANHULU - Persoalan toleransi beragama saat ini tidak dapat dipandang sebelah mata. Banyak konflik antar umat beragama terjadi disebabkan oleh lunturnya nilai toleransi di dalam kerukunan hidup antar umat beragama.

Namun, perlahan nilai toleransi tersebut mulai dikuatkan dan ditingkatkan kembali, salah satunya yang terjadi di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).


Lewat peran dan kontribusi dari PT RAS (Riau Anugerah Sentosa), Kegiatan peresmian dua rumah ibadah sekaligus, yakni mesjid dan gereja menjadi tonggak terciptanya kembali nilai - nilai kerukunan umat beragama di Kecamatan Bonai Darussalam, khususnya di lingkungan PT RAS, Desa Sontang.


Camat Bonai Darussalam, Elfitren, SKom MIP sangat mengapresiasi apa yang dilakukan pihak PT RAS. "Secara pribadi maupun kapasitas saya sebagai Camat Bonai sangat mendukung dsn memberikan apresiasi terhadap peresmian dua rumah ibadah tersebut," sebut Elfitren, Rabu (8/11/2023).

Elfitren juga menambahkan NKRI dengan dasar pedoman Pancasila tentu memiliki keragaman, baik suku, agama, ras dan budaya. "Kita sebagai negara Pancasila harus selalu meningkatkan nilai toleransi dan menghargai segala perbedaan sebagai keberagaman kultur dan budaya," tambah Elfitren lagi.

Camat Bonai Darussalam ini juga menyerukan, baik kepada karyawan PT RAS atau masyarakat sekitar agar dapat menggunakan fasilitas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. "Mari sama - sama kita gunakan sebagai sarana beribadah dan merawat segala infrastruktur yang ada, agar menambah kekhusyukan beribadah," terang Camat Bonai Darussalam ini.


Senada dengan camat, Kades Sontang, Zulfahrianto SE juga menambahkan rumah ibadah, Mesjid dan gereja yang baru diresmikan agar dapat bermanfaat dan menjadi simbol kerukunan beragama di Sontang.

"Saya berharap keberadaan dua rumah ibadah yang berdampingan dapat menjadi simbol kerukunan umat beragama, khususnya bagi karyawan PT RAS dan masyarakat," terang Zulfahrianto.

Zulfahrianto juga menegaskan dengan terciptanya kerukunan dan toleransi beragama, dirinya dapat membantu peran Polres Rohul, dalam hal ini Polsek Bonai Darussalam dalam menjaga Harkamtibmas. 

"Saya harap dengan adanya nilai toleransi di Masyarakat Desa Sontang dapat membantu program deradikalisasi Polri lewat Polsek Bonai," terang Kades Sontang ini.

Sementara itu, Kapolsek Bonai Darussalam, Iptu Romi Yendra mengatakan pihak Polsek sudah berkoordinasi untuk Kegiatan Peresmian dua rumah ibadah di Lingkungan PT RAS. "Sudah kita lakukan koordinasi, jumlah personel pengamanan sekitar lima orang dari Polsek Bonai," tambah Ipda Romi.(***)



Baca Juga