Turut Diikuti Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal

Bersama Keluarga Nyoblos di TPS 04, Gubri Edy Natar Ajak Forkopimda Cek TPS Pekanbaru dan Kampar

  • Rabu, 14 Februari 2024 - 15:17 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution SIP melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04, Jalan Temu Puri, Kelurahan Industri Tenayan, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru bersama istri, Suti Mulyati, Rabu (14/2/2024).

Setelah tiba di lokasi, Gubri Edy Natar membubuhkan tandatangan kehadiran. Kemudian petugas memperlihatkan surat suara yang akan diberikan ke Gubri belum dicoblos.


Selanjutnya, Gubri bergerak ke bilik pencoblosan lalu memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke kotak surat suara.


Terakhir, gubernur mencelupkan tangan kirinya ke tinta tanda telah mengikuti proses pemilihan.

Usai pencoblosan, Gubri Edy Natar mengatakan, suara rakyat ini tentu menjadi penting dalam menentukan arah dan masa depan bangsa dan mengajak semua masyarakat Riau menggunakan hak pilihnya dengan bijak, serta berpartisipasi aktif dalam memilih pemimpin yang akan memimpin Indonesia. 

Mantan Danrem 031/Wirabima ini mengatakan, petugas di TPS tempatnya memilih bertugas dengan baik.


"Alhamdulillah, saya lihat tadi semua petugasnya bisa melaksanakan dengan baik. Semua saksi-saksi juga kita lihat bisa melaksanakan tugas yang baik, semuanya dilaksanakan secara fair dan terbuka," ungkap Gubri.

Sebelum mencoblos, petugas kata Gubri, memperlihatkan surat suara sebagai bentuk tranparansi pemilu.

''Kertas suara juga dibuka petugas dan diperlihatkan. Sehingga kalau ada yang cacat itu bisa langsung dikembalikan. Saya kira memang seperti inilah harapan kita supaya pelaksanaan demokrasi ini berjalan dengan baik,” ungkap Gubri.

Gubri juga mengimbau seluruh petugas pemilu untuk bisa menjalankan tugas mereka dengan sebaik mungkin. Karena menurutnya, pelaksanaan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula.

"Saya nyoblos di TPS 04 ini memang karena saya berdomisili di sini, di Kelurahan Industri Tenayan, Kecamatan Tenayan Raya. Saya sama istri dan anak saya (keluarga, red) nyoblos di sini," ucap Gubri.

Sekitar pukul 09.00 WIB, Gubri mengajak Forkopimda Riau untuk melakukan pengecekan TPS.

TPS pertama yang dilakukan pengecekan adalah di TPS 003, Jalan Siberut, Kelurahan Simpang Empat, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

Dialog Gubri dan Forkopimda dengan petugas TPS berlangsung hangat dan apik. Infonya di TPS di sini ada pemilih penyandang disabilitas, lalu Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal SIK MH menawarkan agar dijemput polisi.

Selanjutnya, rombongan bergerak ke TPS 006, di Jalan Bintara, persisnya di depan Makorem 031/Wirabima.

Dari lokasi ini, rombongan Forkopimda bergerak ke TPS 005 dan terakhir di TPS 10, Siak Hulu, Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kampar. 

Setibanya disambut Pamatwil Kompol Hendrizal SH MSi, Camat Siak Hulu  Irwansyah SSTP, Kapolsek Siak Hulu AKP Asdisyah Mursyid SH, Danramil 06/SH Kapten CBA Y Zebua dan Kades Tanah Merah Syahrul Amri Nasution.

Terkait situasi keamanan pemilihan, Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal SIK MH mengatakan, seluruhnya berjalan aman dan lancar.

"Alhamdulillah, secara umum relatif kondusif, kita akan update terus kita. Karena ada posko Mantap Tribrata di Mapolda Riau. Saya Danrem, Danlanud akan terus memantau, untuk memastikan situasi kondusif," ungkap Kapolda.

Disinggung wilayah di beberapa tempat di Provinsi Riau yang sebelumnya sempat banjir, saat ini situasi mulai terkendali.

"Alhamdulillah, tidak ada lagi banjir, Allah membantu doa kita diijabah. Sebelumnya, jika banjir ada alternatif tapi tidak dilakukan karena banjir sudah surut," katanya.

Dalam hal memperlancar pemilu, Kapolda mengatakan, gubernur telah menyediakan semuanya agar berjalan lancar.

"Puskesmas semua siaga, sama halnya dengan petugas. Semua sudah diantisipasi oleh pak gubernur, semua petugas puskesmas yang bertugas. Semuanya, termasuk KPPS dan petugas lainnya," pungkas Kapolda. ***

 

 



Baca Juga