Lantik Dua Kepala Daerah, Gubri: Rangkul Semua Komponen untuk Pembangunan



KLIKMX.COM, PEKANBARU --Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi melantik dua Kepala Daerah, periode 2021-2026 untuk kepemimpinan di Kabupaten Siak dan Rokan Hulu (Rohul). Berlangsung di Balai Pelangi Kompleks Rumah Dinas Gubernur Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Senin (21/6/2021).

Dua bupati dan wakil bupati yang dilantik yaitu Alfedri-Husni Merza sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Siak. Kemudian, Sukiman-Indra Gunawan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Pelantikan dua kepala daerah ini berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Nomor 131.14 -1042 Tahun 2021 dan Keputusan Mendagri Nomor 131.14 -1271 Tahun 2021.

Promo Nmax Juli

''Saya atas nama masyarakat dan pemerintah mengucapkan selamat atas saudara Bupati dan Wakil Bupati Siak dan Rokan Hulu yang terpilih,'' kata Gubernur.

Setelah dilantik ini, Gubernur bergelar Datuk Setia Amanah ini yakin, Bupati dan Wakil Bupati Siak dan Rohul periode 2021-2026, dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan.

Pelantikan ini lanjut Gubernur, memiliki arti strategis terutama dalam rangka keberlanjutan kepemimpinan dan kelangsungan proses pembangunan serta penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan di Kabupaten Siak dan Rokan Hulu kedepan.

Gubernur berharap, dengan amanah yang telah diberikan kepada keduanya dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan yang lebih baik untuk Kabupaten Siak dan Rokan Hulu.

Untuk mewujudkannya, Gubernur berpesan, agar kedua pasangan tersebut bisa merangkul semua komponen. Tujuannya, untuk meningkatkan kinerja,  terutama memenuhi janji politik yang disampaikan kepada seluruh masyarakat di dua daerah tersebut.

''Harapan kami tentunya kedua bupati yang dilantik, bisa merangkul semua komponen terkait bagaimana pada pilkada kemarin terjadi perpecahan dari masyarakat terhadap pemilihan itu,'' harap Gubernur.

Langkah merangkul ini, sebut Gubernur, agar tidak ada lagi perpecahan masyarakat pasca pemilihan. Kemudian, tentunya menjadi kekuatan pembangunan kedepannya.

''Merangkul semua komponen masyarakat ini agar menjadi kekuatan untuk pembangunan kedepan sekaligus mendukung kepemimpinannya,'' tuturnya.

Kerja Maksimal 

Gubernur juga mengingatkan, kedua pasangan ini dapat bekerja maksimal mengingat situasi masih di tengah pandemi Covid-19. 

Meski update terbaru, kondisi penambahan pasien di Provinsi Riau saat ini menurun, Gubernur berpesan agar meningkatkan ketersediaan tempat isolasi di rumah sakit ataupun ICU di Provinsi Riau yang masih rendah.

''Kita tidak boleh lengah dan harus tetap waspada, terutama tetap melaksanakan protokol kesehatan,'' jelasnya.

Selain meminta fasilitas rumah sakit yang telah dipersiapkan, untuk tidak diturunkan jumlah fasilitasnya. Gubernur menambahkan, perlunya menjaga 3T yaitu tracing, testing dan treatment.

Saat ini, sambung Gubernur, Satgas telah melakukan tracing di atas 1.000 orang/hari yang tetap dipertemukan. Karena semakin bagus tracing kita, maka penanganan Covid-19 di Provinsi Riau akan menjadi baik.

''Semakin banyak tracing kita terhadap orang-orang yang terkonfirmasi positif itu semakin baik. Dan semakin kita tahu sejauh mana penularan Covid 19 yang ada di Provinsi Riau,'' jelasnya.

Atas suksesnya pelantikan kedua pasangan Bupati ini, Gubernur juga  mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara pemilu. Baik di Siak maupun di Rokan Hulu yang sudah mensukseskan Pilkada serentak.

Selain itu, Gubri Syamsuar menegaskan, dengan dilantiknya dua bupati dan wakil bupati ini dapat memajukan daerahnya masing-masing. Yakni di Rokan Hulu dan Siak.

''Besarnya harapan masyarakat pasti akan tertumpu kepada bapak bupati dan wakil bupati yang dilantik hari ini, baik di Siak maupun Rokan Hulu,'' ujar Gubernur.***

Jual-Rumah

Baca Juga