Atasi Masalah Sampah, Pj Wako Bakal Turun Langsung ke Seluruh Kecamatan

  • Minggu, 12 Juni 2022 - 10:02 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Persoalan banjir dan sampah masih menjadi masalah yang harus dituntaskan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Ini juga menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi kepala daerah yang baru. 

Penjabat Walikota Pekanbaru, Muflihun mengatakan, dirinya ingin turun langsung ke 15 kecamatan yang ada di Pekanbaru. Dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membantu program pemerintah kota dalam atasi masalah sampah dan banjir. 


"Program kita juga, kita ingin berkunjung ke semua kecamatan. Kita ingin mengajak bersama pak camat, lurah, RT, RW, dan seluruh elemen masyarakat membantu kita dalam menangani banjir, dan sampah," kata Muflihun, Ahad (12/6/2022). 


Menurutnya, dirinya bakal bersentuhan langsung dengan masyarakat dan mengajak untuk mensukseskan program pemerintah kota dalam atasi masalah sampah dan banjir. 

Ia menilai, masyarakat minimal bisa menjaga sampah lingkungan masing-masing. Karena sumber sampah merupakan dari masyarakat itu sendiri. 

"Kalau pak RT/RW dan lurah ini membantu mengingatkan masyarakatnya untuk menjadwalkan pembuangan sampah ini dengan benar, saya rasa masalah sampah ini bisa hilang," terangnya. 


Muflihun mengaku salah satu penyebab banjir adalah penyumbatan pada drainase dan parit yang diakibatkan oleh sampah. OPD terkait dari pemerintah kota telah melakukan upaya normalisasi guna mengembalikan fungsi drainase dan parit. 

Dirinya juga telah melakukan tinjauan langsung ke wilayah rawan banjir. Salah satu temuan di lapangan banyak drainase yang tersumbat oleh sampah. 

"Ini penyumbatan, sampah di parit-parit dan drainase. Makanya saya minta juga pengawasan pak RT/RW, dan lurah. Ketika ada masyarakat yang ingin buang sampah (sembarangan) tolong di tegur, dilarang," jelasnya. 

Dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut serta membantu pemerintah dalam penanganan masalah sampah dan banjir. Minimal masyarakat bisa menjaga dan membuang sampah pada tempatnya dan pada waktu yang ditentukan. 

Ia menambahkan, dalam mengatasi masalah banjir, selain upaya normalisasi drainase dan parit jalan, pemerintah kota juga telah melakukan normalisasi sungai. Sungai Sail dan Sungai Sibam tengah dilakukan normalisasi oleh Dinas PUPR. ***



Baca Juga