Satgas Binmas Polda Riau Terus Monitor Tahap Rekapitulasi, Kombes Wendry: Edukasi Digalakkan

  • Sabtu, 02 Maret 2024 - 17:35 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Tim Satgas Binmas Polda Riau melakukan patroli monitor ke tempat - tempat rawan di Pekanbaru. Salah satunya Kantor KPU Provinsi Riau, Jalan Gajah Mada, Kecamatan Pekanbaru Kota, Pekanbaru, Sabtu (2/3/2024).

Dipimpin Kompol Razif SH Kasubsatgas Binmas bersama empat personelnya, tim ini melakukan patroli dalam rangka pemeliharaan kamtibmas tetap kondusif.


Direktur Binmas Polda Riau Kombes Wendry Purbyantoro SH mengatakan, tim ini untuk memonitor dinamika paska pencoblosan dan mencegah hal-hal yang tidak dinginkan terkait keamanan dan kenyamanan masyarakat.


"Hasilnya diperoleh informasi bahwa hasil rekapitulasi formulir C6 yang telah masuk ke Kantor KPU Provinsi Riau sudah ada dari tiga kabupaten kota di Riau," kata Kombes Wendry kepada Pekanbaru MX, Sabtu (2/3/2024).

Lebih jauh, jelas Kombes Wendry, hasil rekapitulasi formulir C6 tersebut terdiri dari Kota Pekanbaru, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Indragiri Hilir.

Artinya, lanjut Wendry, sebagian kabupaten kota telah menuntaskan pelaksanaan rekapitulasi suara tingkat kabupaten kota. Sehingga, ke depannya pleno rekapitulasi merupakan tanggung jawab KPU Provinsi Riau, karena saat ini masih menunggu selesainya tingkat daerah baru dilakukan pleno tingkat provinsi.  


"Informasi ini menjadi acuan guna membuat perencanaan kegiatan Satgas Binmas yang terus dan lebih inten lagi bersosialisasi dan memberikan edukasi ke masyarakat menjaga situasi kamtibmas di Kota Pekanbaru lebih aman dan kondusif," kata pentolan Alumni Akpol 1992 ini.

Mantan Kapolres Kuantan Singingi ini menyatakan, Polda Riau terus fokus dalam pengamanan seluruh tahapan pemilu 2024. 

"Kami terus berupaya dalam pemeliharaan kamtibmas tetap kondusif. Beberapa hal yang telah kami lakukan dalam rangka pembinaan masyarakat seperti giat sosialisasi dan edukasi terus kita galakkan, salah satunya kegiatan Jumat Berkah rutin dilakukan setiap Jumat,'' terang mantan Kepala SPN Polda Riau itu.

Lalu lanjutnya, berkomunikasi dan menampung aspirasi masyarakat terkait permasalahan keamanan yang dilakukan sebagai upaya memelihara kamtibmas. Dan juga meningkatkan partisipasi masyarakat turut dalam pengkondisian situasi kondusif di wilayahnya masing- masing.

"Selain Tim Satgas Preemtif, ada 27 personel Kepolisian yang bertugas menjaga Kantor KPU Provinsi Riau 24 jam setiap harinya,'' pungkas Wendry. ***



Baca Juga