Warga Demo Tolak Pembangunan RCH Arifin Achmad karena Sering Kebanjiran

  • Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:42 WIB

KLIKMX.COM, PEKANBARU - Warga setempat RT 04 dan 05, RW 11 Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, menggelar demo membentang spanduk penolakan, pengoperasian Kawasan Riau Creative Hub (RCH), Jumat (26/7/2024) sore.

Aksi ini digelar di ruas Jalan Karya Bakti I, persisnya di samping Komplek Kawasan Riau Creative Hub. Aksi ini dikomandoi Ketua RT 4, H Zulkifli HS, menggelar aksi bersama puluhan warga. Di sana mereka membentang bertuliskan “RCH Rusak Lingkungan”.

HONDA ATAS

Dalam pernyataannya, warga meminta agar Penjabat Gubernur Riau (Pj Gubri) SF Hariyanto, segera menghentikan operasional Riau Creative Hub.


H Zulkifli HS menjelaskan, tuntutan ini disampaikan karena sejak keberadaan RCH, pemukiman di RW 11 selalu mengalami banjir saat hujan. “Kalau hujan deras seratusan Kepala Keluarga (KK) di RW 11 selalu terkena banjir,” kata Zulkifli.

Lanjut Zulkifli, dampak parah akibat banjir yang terjadi saat ini, tidak separah seperti dulu. Karena disebabkan pembuatan parit di pinggir Jalan Karya Bakti I tidak sesuai spek.

“Kalau sekarang terjadi hujan deras, sebentar saja rumah warga tergenang,” ucap Zulkifl. Hal ini disebabkan, karena dulunya, jelas Zulkifli, buangan air hujan langsung mengarah ke parit di Jalan Arifin Achmad.


Mewakili warga setempat, Zulkifli menyampaikan harapan bersama agar Pj Gubri SF Hariyanto melalui perangkat terkait, melakukan perbaikan total atas pagar di sisi Jalan Karya Bakti.

“Kondisinya pagar di sisi jalan Karya Bakti tidak berpondasi dan kondisi eksistingnya sudah miring dan retak di titik sudut pertemuan Jalan Arifin Ahmad menuju Jalan Karya Bakti,” beber Zulkifli. 

Menurutnya, jika tidak segera diperbaiki Aituasinya akan semakin mengkhawatirkan karena berpotensi mengancam keselamatan jiwa pengguna jalan.

Kondisi eksisting Jalan Karya Bakti, sebut Zulkifli, tidak memadai atau sangat jauh dari kata layak, alias  sempit dan rusak sebagai akses keluar kawasan RCH.

“Masalah yang kami hadapi harus segera diperhatikan, karena Jalan Karya Bakti adalah jalan akses utama warga RT 04 dan 05 yang di dalamnya terdapat lebih kurang 350-an KK atau lebih dari 1.000-an jiwa,” ujar Zulkifli.

Artinya, jelas Zulkifli, jika perbaikan tidak segera dilakukan tentunya akan menambah kerusakan jalan dan mengganggu akses karena mobilitas cukup tinggi.

“Melalui aksi ini kami berharap Pj Gubri segera menindaklanjuti permasalahan ini dan berpotensi menimbulkan dampak luas kepada warga tempatan,”  harap Zulkifli.(***)



Baca Juga