Kasus DBD di Riau Capai 1.537, 14 Orang Meninggal

  • Selasa, 28 November 2023 - 03:01 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Hingga Oktober 2023, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau telah mencatat  total kasus demam berdarah dengue (DBD) di Provinsi Riau mencapai 1.537 kasus.

Kota Dumai tercatat sebagai wilayah penyumbang terbanyak, yaitu 450 orang. Sedangkan Kabupaten Indragiri Hulu dengan penyumbang paling sedikit sebanyak 20 kasus.


Kepala Diskes Provinsi Riau, Zainal Arifin menyebutkan dari data tersebut, sepanjang tahun 2023, pada Oktober memiliki tren kasus yang meningkat dan paling banyak dengan jumlah 218 kasus.
 
"Sepanjang tahun 2023 mulai Januari hingga Oktober, Diskes Provinsi Riau mencatat ada 14 warga Riau yang meninggal dunia akibat penyakit yang ditularkan dari nyamuk Aedes aegypti," kata Zainal Arifin.


Dijelaskannya, korban yang direnggut nyawanya akibat DBD ini paling banyak ditemukan di Kota Dumai sebanyak 5 kasus, Kabupaten Indragiri Hilir 4 kasus.

Kemudian Siak dan Kampar masing-masing 2 kasus. Selain itu korban meninggal dunia akibat DBD juga ditemukan di Kabupaten Rokan sebanyak 1 kasus.

Zainal menegaskan, pihaknya menanggapi serius persoalan ini, bahkan pihaknya sudah mengirimkan surat ke dinas kesehatan kabupaten kota.


"Kita juga meminta jajaran dinas kesehatan kabupaten kota dan masyarakat untuk mewaspadai ancaman kasus demam berdarah di Riau," ungkapnya.

Zainal menyampaikan, agar kasus DBD tidak terus bertambah, setiap rumah harus ada juru pemantau jentik (jumantik). Dan itu adalah anggota keluarga di masing-masing rumah.

"Mulai dari kamar mandi tempat bersarang. Karena kalau tiga hari sekali kita kuras dan bersihkan, itu pasti tidak ada telur, kalau tidak ada telur tidak ada jentik, dan kalau tak ada jentik pasti tak ada nyamuk. Jadi 3M itu yang harus digiatkan," pungkasnya.(***)



Baca Juga