Cegah Karhutla Meluas, Tiga Helikopter Patroli Dikerahkan

  • Selasa, 30 Mei 2023 - 14:21 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Untuk mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan terjadi dan meluas, Provinsi Riau kembali mendapatkan satu bantuan helikopter patroli.

Dari tiga heli patroli yang ada, satunya merupakan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 


"Heli patroli yang baru datang merupakan bantuan BNPB," ungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal kepada Pekanbaru MX, Selasa (30/5).


Selain itu, juga ada tiga heli yang digunakan untuk pemadaman api melalui water bombing yang diperbantukan oleh BNPB. "Tiga heli untuk water bombing semuanya bantuan dari BNPB," jelas Afrizal.

Namun, dari tiga heli yang diperuntukkan untuk pemadaman, satu di antaranya saat ini sedang dalam proses perbaikan.

Afrizal mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat melalui BNPB dan KLHK untuk pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran di Riau. 


"Dengan adanya tiga helikopter water bombing dan tiga unit helikopter patroli bantuan BNPB dan KLHK, maka akan mempermudah satuan tugas (Satgas) Udara Karhutla Riau melakukan pemantauan maupun pemadaman kebakaran lahan di wilayah Riau," ungkap Afrizal. 

Lima Titik Hotspot Muncul di Rohil

Sementara itu, hari ini Selasa (30/5/2023) terpantau muncul lima titik hotspot di Provinsi yang terpantau berada di satu kabupaten yakni Rohil. Sedangkan untuk di kawasan pulau Sumatera muncul sebanyak 32 titik hotspot yang terpantau berada di delapan provinsi.

"Ada 32 hotspot untuk di kawasan Sumatera, lima terdeteksi di Riau," ungkap Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, Sanya G.

Sanya merincikan tiga titik terdeteksi di Provinsi Aceh, disusul masing-masing satu di Bengkulu dan Sumsel. Selanjutnya, empat titik di Lampung, tiga di Sumut dan yang terbanyak di Sumbar mencapai 12 titik.

"Di Riau ada lima titik seluruhnya berada di Rohil," pungkas Sanya. ***

 

 



Baca Juga