Peduli Kebersihan Lingkungan

Mahasiswa KKN UMRI Sulap Tong Bekas Jadi Tempat Sampah

  • Rabu, 21 September 2022 - 20:01 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMRI Kelompok 16 membuat beberapa tempat sampah dari tong bekas di Kelurahan Rejosari, Tenayan Raya, Ahad (18/09/2022) pagi. 

Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian Mahasiswa KKN UMRI Kelompok 16 ke masyarakat sekitar. Serta bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat nya. 

Yamaha Fazio Mei 2022

Masih kurangnya fasilitas tempat sampah di sejumlah lokasi, membuat Tim KKN UMRI Kelompok 16 berinisiatif untuk menciptakan tempat sampah dengan memanfaatkan tong bekas. 


"Jadi kami selaku Mahasiswa KKN memutuskan untuk membuat tempat sampah yang nanti nya akan dibagikan ke beberapa titik lokasi di Kelurahan Rejosari. Pembuatan tempat sampah tersebut dilakukan oleh Mahasiswa KKN UMRI Kelompok 16 di posko Kelurahan Rejosari," kata salah seorang mahasiswa KKN UMRI Kelompok 16, Prayuda Ilham.

Tempat sampah yang dibuat Tim KKN UMRI Kelompok 16 terdiri dari tong bekas yang dipercantik dengan cat warna hijau dan kuning sesuai warna icon UMRI dan juga ditempel sticker logo UMRI di sisi pojok kiri. 

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Ketua RT 002 Kelurahan Rejosari, Hendri. Ia mengatakan, tong sampah ini sangat berguna bagi warga dalam rangka memelihara kebersihan lingkungan.


Ia juga mendampingi Mahasiswa KKN UMRI Kelompok 16 untuk pemasangan tempat sampah di beberapa titik. 

"Tempat sampah ini akan sangat berguna bagi kami, dengan adanya kegiatan pembagian tempat sampah di Kelurahan Rejosari ini diharapkan tumbuhnya kesadaran masyarakat tentang betapa penting nya menjaga kebersihan lingkungan," kata Hendri yang juga ikut mendampingi mahasiswa saat memasang tempat sampah di salah satu lokasi.

Hendri berharap, keberadaan tempat sampah ini mampu menumbuhkan 
perilaku membuang sampah pada tempat nya, yang pada akhirnya menjadi sebuah kebiasaan yang tertanam dalam diri masyarakat di Kelurahan Rejosari, ucapnya. ***

Penulis: R. Alfitra (kknumrirejosari) 



Baca Juga