Juga TPPO dan Penyeludupan Barang Illegal Lainya

Kerja Sama dengan Polisi Malaysia, Kapolda Iqbal Yakin Semakin Maksimal Berantas Narkoba

  • Selasa, 16 Mei 2023 - 15:28 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal SIK MH bertolak ke negeri jiran melakukan kerja sama dengan Kontijen Polis Melaka, yang digelar di Aula Polis Kontijen Melaka.

Kapolda datang bersama Karo SDM, Direktur Intelkam, Direktur Reskrimum, Direktur Reskrimsus, Direktur Resnarkoba, Kapolres Dumai, Kapolres Bengkalis dan Kapolres Meranti, disambut langsung dengan hangat Ketua Polis Melaka Deputy Commissioner Polis Dato' Zainol Bin Haji Samah beserta staf, Senin (15/5/2023).


Selanjutnya melakukan penandatanganan buku lawatan dan dilanjutkan makan siang bersama.


Dato' Zainol Bin Haji Samah menyampaikan, sangat mendukung ajakan kerja sama Polda Riau untuk penanganan gangguan keamanan dibatas Indonesia dengan Selat Malaka.

Mendapat respon hangat ini, Kapolda Iqbal langsung menyampaikan materi kerja sama keamanan dalam pemberantasan tindak pidana perdagangan orang/ pekerja imigran gelap, penyelundupan barang-barang ilegal dan peredaran narkoba.

Usai pemaparan dari Kapolda, lalu dilakukan penyerahan cinderamata dan dilangsungkan rapat dan diskusi terkait kerja sama.


"Dengan kerja sama ini, saya yakin Polda Riau akan semakin maksimal mencegah dan memberantas peredaran narkoba, penyelundupan barang-barang illegal," ungkap Kapolda Riau M Iqbal kepada Pekanbaru MX, Selasa (16/5/2023).

Mantan Kadiv Humas Polri itu menyampaikan, bahwa semangat kerja sama ini juga sejalan dengan komitmen para pemimpin negara ASEAN ke-42 yang digelar di Labuan Bajo pada tanggal 6 sampai dengan 11 Mei 2023 lalu, khususnya Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Berkaitan dengan kasus TPPO, Kapolda mengungkapkan, pihaknya telah berhasil menggagalkan upaya perdagangan orang di wilayah Bengkalis.

"Ada dua orang yang jadi tersangka, kita akan terus menjaga keamanan dan ketertiban di daratan dan lautan Provinsi Riau," terang mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat kepada Pekanbaru MX ini.

Selain itu, pihaknya juga berhasil menyita sejumlah pakaian bekas dari luar negeri dan barang buktinya dimusnahkan langsung Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dengan cara dibakar. 

Dengan penguatan kerja sama ini, Kapolda menegaskan, tidak ingin ada lagi pelaku kejahatan antar negara di Riau, yang memanfaatkan luasnya Selat Malaka untuk melakukan aksinya.

"Saya juga mengundang Polis Kontijen Melaka untuk hadir di Pekanbaru meneruskan jalinan kerja sama ini, sekaligus dapat melihat semua potensi Provinsi Riau dari segala aspek," ajak Jendral bintang dua polisi yang disematkan sebagai Ketua Alumni Akpol 1991 ini.

Kerja sama ini juga turut disaksikan Timbalan Ketua Polis Malaka Senior Assistant Comissioner Polis Datuk Razali Bin Abu Samah, Delegasi Pejabat Polis Malaka di antaranya Ketua Cawangan Khas (SB), Ketua Jabatan Siasatan Jenayah.

Kemudian, Ketua Jabatan Pencegahan Jenayah Keselamatan Komuniti, Ketua Polis Daerah Melaka Tengah, Ketua Polis Alor Gajah, Ketua Polis Jasin, Ketua Jabatan Pengurusan Superintendent Polis.

Lalu, Ketua Jabatan Siasatan Jenayah Narkotik, Ketua Jabatan Siasatan Jenayah Komersil, Ketua Jabatan Siasatan dan Penguatkuasaan Trafik, Police Marine Melaka.***

 

 



Baca Juga