Induk Facebook, WhatsApp dan Instagram PHK Lagi Ribuan Karyawan

  • Jumat, 10 Maret 2023 - 08:26 WIB


GELOMBANG pemutusan hubungan kerja (PHK) di tubuh Meta sepertinya belum akan berhenti.

Induk usaha Facebook, WhatsApp dan Instagram itu dilaporkan kembali melakukan PHK terhadap ribuan karyawan. Padahal November 2022 lalu, Meta telah memangkas jumlah karyawan sekitar 11.000 orang atau 13 persen dari jumlah seluruh karyawan.


Sebelumnya, Mark Zuckerberg, CEO Meta telah menyebut bahwa 2023 sebagai tahun efisiensi.  Keputusan PHK itu mungkin dimulai pekan ini. Namun, pihak Meta belum mengonfirmasi kepastian kabar yang sudah santer beredar itu.


Pada tahun ini, raksasa jejaring sosial tersebut akan berkonsentrasi pada upaya untuk menurunkan biaya perusahaan.

Pendiri Facebook itu juga menerapkan kebijakan baru yang disebut dengan perataan. Tujuannya, menyingkirkan manajer menengah yang dianggap menghalangi perusahaan menjadi lebih gesit dan produktif. Meta melakukan restrukturisasi di seluruh perusahaannya.

’’Meta berfokus memotong proyek yang tidak berkinerja atau mungkin tidak lagi penting dan berencana menghapus lapisan manajemen menengah untuk membuat keputusan lebih cepat,’’ ujar Zuckerberg Februari lalu.


Bloomberg News melaporkan, direktur dan wakil presiden Meta telah diminta untuk menyusun daftar karyawan yang dianggap tidak dibutuhkan. Manajemen berharap untuk menyelesaikan babak baru PHK tepat sebelum Zuckerberg mengambil cuti sebagai orang tua.(***)

Artikel ini telah Terbit di :
https://www.jawapos.com/internasional/08/03/2023/dalih-efisiensi-meta-berencana-phk-ribuan-karyawan-lagi/



Baca Juga