Terobosan Ubah Air Gambut Jadi Air Baku

Wawako Pekanbaru Buka Sosialisasi Diseminasi Standar Teknologi Bidang Air Minum

  • Jumat, 15 November 2019 - 11:16 WIB


KORANMX.COM, PEKANBARU—Wakil Wali Kota (Wawako) Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi mengapresiasi terobosan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) yang mengubah air gambut menjadi air baku. Teknologi yang digunakan disebut bisa menjadi solusi akan kebutuhan air baku bagi masyarakat.

Apresiasi itu disampaikan Wawako usai membuka sosialisasi diseminasi standar teknologi bidang air minum dan lingkungan pemukiman, di ruang Bertuah Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (13/11/2019) kemarin. Sosialisasi digelar Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Perumahan dan Pemukiman Kemen PUPR.


Dalam sosialisasi ini hadir peserta dari sejumlah kabupaten dan kota di Riau, akademisi, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Real Estat Indonesia (REI) dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).’’Sosialisasi ini untuk menyampaikan hasil penelitian tentang mengolah air gambut. Sehingga menjadi air baku,’’ kata Wawako.


Dia melanjutkan, apa yang ditampilkan dalam sosialisasi sangat menarik dan bermanfaat, yakni mengubah air gambut menjadi air baku. Ini dinilai sangat bagus mengingat Riau memiliki banyak lahan gambut.’’Kalau di Kota Pekanbaru, lahan gambutnya terdapat di Kecamatan Payung Sekaki,’’ imbuhnya.

Aplikasi terobosan ini, tambah Ayat bisa beragam dan tak hanya pada pengubahan air gambut.’’Tidak hanya mengubah air gambut menjadi air baku, Puslitbang Perumahan dan Pemukiman Kemen PUPR juga bisa mengolah air yang tercemar agar lebih mudah, efisien dan hemat,’’ ungkapnya.

Dengan banyaknya manfaat dari apa yang disampaikan dalam sosialisasi, Wawako meminta agar peserta sosialisasi bisa serius menyerap informasi yang disampaikan.’’Tentu hal ini sangat bagus sekali. Untuk itu, kepada para peserta kita berharap bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya bisa diterapkan di lingkungan masing-masing,’’ tandasnya. (ADV)


 

Wawako Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi menyampaikan sambutan. [Foto: Humas Pemko Pekanbaru]

 

Wawako Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi berbincang dengan peserta sosialisasi. [Foto:Humas Pemko Pekanbaru]



Baca Juga