Buka Bersama, Alumni IPB Riau Luncurkan Nomor Induk Alumni dan Kartu Alumni

  • Minggu, 31 Maret 2024 - 16:07 WIB


PEKANBARU, KLIKMX.COM -- Ramadhan Spesial Bersama Keluarga Alumni (RASMALA) IPB RIAU II menjadi tajuk pada acara buka bersama tahun ini yang digelar Keluarga Himpunan Alumni IPB Provinsi Riau di Ball room Menara Dang Merdu BRK Syariah Pekanbaru, Sabtu (30/3/2024).

Acara buka bersama tersebut juga dihadiri Pejabat Gubernur Riau yang diwakili Dr Syahrial Abdi, AP, M.Si,  Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau. 


Kemeriahan dan keakraban terlihat dari kehadiran ratusan alumni berikut keluarga dari berbagai kabupaten kota di wilayah Riau. 


Pj Gubri dalam sambutannya yang diwakili Syahrial Abdi mengatakan, ikut berbangga dengan banyaknya Alumni IPB di Riau yang telah berkontribusi di berbagai bidang untuk kemajuan Riau dan masyarakat Riau.  

“Saya berharap Alumni IPB di Riau teruslah memberikan kontribusi terbaiknya. Dengan menjalin silaturrahmi dan berbagi peduli. Seperti acara buka bersama ini juga dapat memberikan semangat untuk bersinergi antar alumni ke depan yang lebih baik, ” ungkap Syahrial Abdi.

Kepedulian juga mewarnai acara Buka Bersama RASAMALA II  yang pelaksanaannya diketuai oleh Dr Ir Achmad Tavip  Junaidi, MM  ini. Yakni dengan pemberian santunan kepada puluhan anak yatim alumni,  anak yatim warga  dan single parents alumni. Termasuk berbagai hadiah door prize menarik berupa televisi, handphone, kulkas, sepeda dan lainnya. 


“Untuk berbagi peduli kita tidak hanya untuk internal  alumni IPB saja tetapi juga untuk warga sekitar di mana   tempat acara diadakan," ujar Achmad Tavip.

Karena diadakan di Gedung BRK Syariah Pekanbaru Jln Sudirman Pekanbaru, kata dia, maka ada agenda berbagi anak -anak yatim yang tinggal di lingkup sekitar Gedung BRK Syariah ini.  

"Untuk menarik sekaligus menggembirakan alumni yang datang kita juga menyiapkan berbagai door prize yang menarik sebagaimana RASAMALA I tahun lalu,” pungkas mantan bankir yang juga masih aktif sebagai dosen pada salah satu kampus swasta di Pekanbaru ini.

Yang lebih menarik dan spesial pada acara RASAMALA IPB Riau tahun ini, Dewan Pengurus Daerah Himpunan Alumni IPB Provinsi Riau yang diketuai Dr Ir Mamun Murod, MM meluncurkan Nomor Induk Alumni (NIA) dan Kartu Alumni HA IPB Riau.   

“Kita ingin mengidentifikasi secara jelas dan terukur semua Alumni IPB yang bekerja dan berdomisili di wilayah Provinsi Riau sehingga kita buat Nomor Induk Alumni atau disingkat dengan NIA. Dari NIA ini kita buatkan Kartu Alumni yang sekaligus merangkap sebagai e money,” demiikian dijelaskan Murod .  

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum DPP IPB Dr Ir Walneg S Jas,  MM pada sambutannya secara daring memberi apresiasi peluncuran Nomor Induk Alumni (NIA) dan Kartu Alumni HA IPB Riau.   

“Saya mendengar DPD HA IPB Riau sedang dan telah menyusun Nomor Induk Alumni se wilayah Riau.  Hal ini suatu terobosan bagus dari DPD Riau yang dapat menjadi inspirasi untuk dibuat juga oleh DPD HA IPB Provinsi lainnya di seluruh Indonesia. Sehingga kita secara nasional mempunyai Nomor Induk Alumni berdasarkan domisili masing-masing. Selamat untuk DPD HA IPB Riau,” tukas Walneg.

Dari paparan publikasi NIA yang disampaikan oleh Ketua Pokja Pendataan HA IPB Riau 2024 yang sekaligus juga Wakli Ketua I DPD HA IPB Riau, Ferry Admiral, hasil verifikasi pendataan yang masuk via google form, terdapat 832 alumni di Riau yang dibuatkan Nomor Induk Alumni-nya. 

Wakli Ketua I DPD HA IPB Riau, Ferry Admiral

“Sebenarnya yang menginput ada sebanyak 896 alumni, namun 64 alumni tidak berdomisili di wilayah Riau. Dikarenakan dasar aturannya adalah  domisili alumni yang bersangkutan. Maka  hanya 832 alumni yang kita hitung, kita susun dan ditetapkan Nomor Induk Alumninya," jelas Ferry.  

Ditanya apakah Pendataan dan Penetapan NIA ini sudah final, menurut Ferry, masih ada tahap berikutnya dikarenakan perkiraan Alumni IPB di Provinsi Riau ada sekitar 1.000-an lebih alumni, namun akan diselesaikan dahulu untuk tahap awal ini.  

Ferry menyampaikan bahwa keberhasilan penyusunan NIA ini dikarenakan antusias, semangat dan kerjasama antar alumni sehingga data dapat terkumpul dan terverifikasi dengan cepat.  

Selanjutnya diserahkan Kartu Alumni secara simblolis diberkan kepada tiga perwakilan alumni, yakni Prof. Adnan Kasry selaku pemegang NIA 0001, angkatan paling atas yang ada di Provinsi Riau saat ini yakni angkatan 7 (1970), Ir Lis Darti Roza,M.Si dari Kabupaten Kuansing selaku Perwakilan Alumni luar Kota Pekanbaru, serta  alumni termuda, Naiwatul Hadila dari angkatan 55 atau tahun masuk IPB tahun 2018.  

Acara RASAMALA II IPB Riau diakhiri dengan  tausiyah oleh Ustadz Dr H. Zulkarnain Umar, dosen Universitas Riau yang juga alumni IPB dari Pasca Sarajana hingga menjelang waktu berbuka. ***



Baca Juga