Munculnya Buaya di Sungai Menpura, Ini Imbauan Kepala BBKSDA Riau

  • Senin, 20 November 2023 - 15:57 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau meminta warga di sekitar munculnya buaya di Sungai Menpura, Kabupaten Siak untuk berhati-hati dan jauhi sungai tersebut. Hal itu agar tidak terjadinya konflik dan korban dari binatang buas ‘siraja rawa’ itu.

Kepala BBKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan dihubungi Pekanbaru MX mengatakan, sungai tersebut memang habitatnya buaya. "Sungai tersebut memang habitat buaya, sehingga kita hanya mengimbau warga untuk tidak mendekati lokasi buaya," singkat Genman.


Kepala Bidang Tata Usaha, BBKSDA Riau Hartono menambahkan, pihaknya sudah melakukan beberapa langkah dengan mendatangi lokasi, melakukan monitoring dan sosialisasi.


Pada prinsipnya, jelas Hartono, bahwa keberadaannya buaya memang berada pada habitat aslinya. "Jadi hasil pengecekan di lokasi memang sungai tersebut habitatnya buaya," ungkap Hartono.

Persisnya, lanjut Hartono, pada Jumat (10/11/2023) kemarin tim dari Resort Siak sudah ke lokasi untuk memonitoring. "Dari hasil monitoring petugas tidak menemukan adanya buaya di lokasi yang dilaporkan muncul," ungkap Hartono.

Dihari kedatangan petugas, esoknya kembali mendatangi lokasi, sekaligus memberikan sosialisasi kepada warga setempat.


"Tim sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam melakukan kegiatan di sekitar kemunculan buaya," pungkas Hartono.

Munculnya buaya di Sungai Menpura anak Sungai Siak ini disampaikan, Ujang warga setempat yakni di Kelurahan Sungai Mempura, Kecamatan Mempura. Ujang mengatakan, diperkirakan ukuran buaya tersebut sepanjang tiga meter dan terlihat jelas muncul di samping rumahnya.

"Awalnya saya melihat ada kayu, tapi mirip seperti kepala buaya," kata Ujang.

Ujang mengaku tidak yakin yang muncul adalah buaya, karena sebelumnya sering memberishkan kayu kayu yang hanyut dan sangkut di sekitar rumahnya. 

"Saya heran kayu padahal sudah dia bersihkan. Namun, kemudian istri saya tiba-tiba berteriak melihat buaya di tempat yang sama terlihat seperti kayu mengapung dan setelah saya amati ternyata memang benar buaya, matanya mengerjap," beber Ujang.***

 

 

 



Baca Juga