Pimpin Rapat Pelebaran Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru, Pj Gubri: Kurangi Kemacetan di Simpang SKA

  • Rabu, 17 April 2024 - 16:22 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Haryanto memimpin rapat rencana pelebaran jalan di Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru, Rabu (17/4/2024).

SF Haryanto pada rapat rapat koordinasi pembangunan infrastruktur di Provinsi Riau ini mengatakan, untuk mewujudkan rencana tersebut. Pihaknya sudah menyiapkan Detail Engineering Design (DED) atau Detail gambar kerja.


“Pelebaran jalan di simpang Soekarno Hatta dekat Mall SKA ini untuk mengurangi kemacetan,” ungkap SF Haryanto.


Selain telah mempersiapkan rancangan, pihaknya, kata SF Haryanto, juga sedang mempersiapkan pembebasan lahan di sekitar flyover SKA tersebut.

“Memang masih ada kendala di flyover sekarang, namun belum menyelesaikan masalah,” jelas mantan Sekdaprov Riau ini.

Lebih jauh dijelaskan, pria yang pernah menjabat Kadis PUPR Riau ini, bahwa penyebab kemacetan di flyover tersebut adalah adanya u-turn di bawah bangunan flyover sehingga terjadi kemacetan panjang di jam-jam sibuk warga Pekanbaru.


“Keberadaan u-turn di bawah Flyover, inilah yang menyebabkan kemacetan panjang. Mulai dari Jalan Tuanku Tambusai menuju Jalan Tambusai ujung, dan juga Jalan Soekarno Hatta, yang akan berbelok ke Jalan Tuanku Tambusai,” ungkap SF Haryanto.

Terkait designnya, lanjut SF Haryanto, sudah disetujui. Sehingga nantinya tidak ada lagi u-turn di flyover tersebut.

“Nanti setelah dibangun dan u-turn ditutup semua. Maka lalu lintas di sekitar flyover akan lancar,” ucap SF Haryanto.

Kadis PUPR PKPP Riau M Arif Setiawan mengatakan, untuk lokasi pemutaran kendaraan nantinya akan dialihkan. Misalnya, arus lalu lintas akan difokuskan pada satu tempat untuk u-turn di depan Lotte Mart dan di depan Eka Hospital.

“Kita akan melakukan perbaikan, untuk u-turn di sebelah SKA atau depan Lotte Mart, dan dekat Eka Hospital itu akan kami lebarkan sehingga untuk mempermudah kendara berputar,” jelas Arief.

Artinya, sebut Arief, tidak ada lagi persimpangan di dua titik yakni pemutaran di sekitar flyover akan ditiadakan.

“Untuk meniadakan u-turn itu lahan yang dibebaskan itu ada dua simpang itu,” ucap Arif.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Riau sedang mengebut pembangunan flyover di simpang Panam, Jalan Subrantas menuju arah Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang. 

Sebelumnya, SF Haryanto mengatakan, pihaknya sudah membebaskan 94 persil lahan milik masyarakat yang terkena di lokasi pembangunan. 

“Pemprov Riau telah membebaskan lahan milik masyarakat yang terkena pembangunan flyover di simpang Panam tersebut. Pembangunan akan dilakukan tahun ini oleh pemerintah menggunakan dana APBD maupun dari APBN,” ucap SF Haryanto. ***



Baca Juga