Ujicoba Tol Pekanbaru – Bangkinang, Gubri Syamsuar: Semoga Bisa Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

  • Kamis, 27 Oktober 2022 - 14:40 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menjadi orang yang pertama menguji operasional Tol Pekanbaru - Bangkinang secara dua arah, Kamis (27/10/2022).

Di belakangnya turut juga melakukan ujicoba, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Branch Manager Tol Pekanbaru- Bangkinang AA GD Indrayana, Pj Bupati Kampar Kamsol beserta pejabat forkopimda Riau.

Yamaha November

Setelah dioperasikan untuk sementara dalam jangka waktu yang belum ditentukan, penggunanya belum dikenakan tarif. “Hari ini kami mencoba Tol Pekanbaru menuju Bangkinang, sebaliknya Bangkinang menuju Pekanbaru,” kata Syamsuar.


Syamsuar menjelaskan, meski pengoperasian tol ini belum dikenakan tarif sebelum nantinya akan diresmikan, bagi penggunanya harus menggunakan kartu E-Tol.

Namun, Syamsuar berpesan, agar penggunannya melintas tidak melebihi kecepatan maksimal yang sudah ditentukan.“Tolong diperhatikan kecepatan penggunaan kendaraan. Persiapan kelengkapan kendaraan termasuk ban gundul tak bisa masuk sini,” pesan Syamsuar.

Mantan Bupati Siak ini juga mengingatkan, bahwa kendaraan yang melebihi kapasitas angkutan tidak bisa masuk tol.


Syamsuar juga berharap, Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang dapat dilanjutkan ke Sumatera Barat. Sehingga harapan fungsinya meningkatkan ekonomi masyarakat dapat terealisasi.

“Semoga betul-betul bermanfaat bagi masyarakat Riau. Kami ucapkan terima kasih kepada HK,” harap Syamsuar.

HK Siapkan 102 Petugas

Kepala Operasional Jalan Tol Pekanbaru-Dumai PT Hutama Karya Indrayana mengatakan, jam operasional tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 31 kilo meter diberlakukan selama 24 jam.

Jika dilalui dengan kecepatan 80 kilometer/jam, jarak tempuhnya hanya membutuhkan waktu lebih kurang 30 menit. “Kami dari Hutama Karya menyiapkan sebanyak 106 personel dan 22 unit kendaraan siaga yang terdiri dari ambulans, derek, patroli jalan raya (PJR) Ditlantas, derek, rescue, dan lainnya serta empat gardu tol otomatis (GTO), 31 Titik CCTV, dan dua titik variable message sign (VMS),” jelas Indrayana.

Sementara ini, lanjut Indrayana, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang masih menggunakan sistem satu pintu tol dan masyarakat datang dari arah Pekanbaru, tidak melalui pintu tol.

Berbeda dengan pengguna tol yang masuk dari Sungai Pinang, pihaknya mempersilahkan masuk dan proses tap e-money nya di gerbang tol Bangkinang.

Ditanya, penerbangan di Tol Permai. Indrayana menjelaskan, bahwa jalan tol Pekanbaru Bangkinang masuk kategori tol luar kota, sehingga penerangan hanya ada pada akses gerbang tol dan interchange

“Bagi penggunanya dapat menggunakan marka jalan sebagai panduan,” katanya.

Pj Bupati Kampar Kamsol berharap, dengan dibukanya operasional Tol Pekanbaru – Bangkinang, pihaknya memiliki rencana memanfaatan rest area bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan pariwisata.

Menurutnya, untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Ini solusi bagi pelaku usaha di Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang. 

“Ini yang menjadi perhatian kita, karena volume kendaraan yang melintasi jalan konvensional akan menurun setelah tol beroperasi. Dampaknya akan dirasakan UKM di sepanjang ruas Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat tersebut,” katanya. 

Karena itu, pihaknya berharap rest area yang disediakan dapat mengakomodir kuliner hingga menjadi sarana promosi pariwisata di Kampar dengan adanya informasi penunjuk lokasi. ***

 



Baca Juga