Rektor Sampaikan Pesan Penasehat Kemendikbudristek, HUT Korpri di Unri

  • Selasa, 29 November 2022 - 18:43 WIB


KLIKMX.COM,PEKANBARU - Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA memimpin upacara hari ulang tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Ke-51 dilaksanakan di halaman Rektorat Kampus Unri, Jalan Bina Widya, Kecamatan Tampan, Selasa (29/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Rektor menyampaikan sambutan penasehat Korpri Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Ir Suharti MA PhD. "Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) berperan penting menunjang aparatur sipil negara (ASN) dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai penyelenggara negara. Oleh karena itu, Korpri merupakan wadah yang terdiri atas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan oleh ASN," katanya.


Guru besar Fakultas Perikanan ini menjelaskan, melalui peringatan HUT Korpri Ke-51diharapkan Korpri di lingkungan Kemendikbudristek khususnya Unri dapat berperan lebih dalam mendukung pogram kerja dalam meningkatkan kualitas pelayanan ASN. Pesan ini kata rektor, sesuai tantangan yang yang dihadapi terus menerus berubah.


"Karena itu, Korpri perlu meneyesuaikan terutama dalam memberikan dukungan yang relevan kepada ASN,” ujar rektor.

"Korpri adalah rumah kita bersama, yang artinya, jika kita ingin Korpri berperan lebih kita perlu berperan aktif, melalui Musyawarah Nasional Korpri IX lalu, ada empat program utama Korpri yang telah ditetapkan," terang Rektor.

Poin pertama adalah meningkatkan kualitas pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi. Selanjutnya, kedua, menguatkan ideologi dan karakter ASN. Seterusnya, ketiga, perlindungan karier dan bantuan hukum ASN, dan terakhir peningkatan kesejahteraan ASN.


“Melalui empat program tersebut adalah bukti bahwa Korpri ingin bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dan seluruh ASN yang merupakan anggotanya," terang Rektor.

Rektor mencontohkan, seperti perkumpulan profesi lainnya, Korpri juga perlu menjadi wadah bertukar pikiran bagi para anggota agar bisa berinovasi, belajar hal baru, dan lebih kritis dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Terakhir kata rektor, untuk mencapai empat program Korpri perlunya peran aktif menjadi teladan dan memegang nilai-nilai ASN yang beriorentasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif dengan menjunjung nilai toleransi serta menghalau radikalisme fanatisme dan mengutamakan kepentingan masyarakat.(***)



Baca Juga