Hadiri Pembukaan UKW PWI Riau, Kapolda Iqbal: Jurnalis Itu Orang yang Cerdas

  • Selasa, 23 April 2024 - 14:25 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Uji kompetensi wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, turut dihadiri beberapa orang penting, di antaranya Ketua PWI Pusat Hendri Ch Bangun, Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulmansyah Sekedang hingga Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal, Selasa (23/4/2024).

UKW ini dilaksanakan di Hotel Prime Park, Jalan Sudirman, Pekanbaru dan diikuti sebanyak 30 orang peserta dengan peserta jenjang Wartawan Muda, Madya dan Utama. 


Dalam kata sambutannya, Ketua PWI Pusat Hendri Ch Bangun berharap peserta yang mengikuti UKW ini menjadi wartawan yang profesional yang kompeten.


"Pilar keempat demokrasi adalah wartawan dan UKW ini merupakan angkatan ke-23,” kata Hendri.

Setelah ini, kata Hendri, UKW selanjutnya akan diadakan di Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan dan seterusnya.

PWI, kata Hendri menargetkan pelaksanaan di bulan Mei ini 10 penyelenggaraan UKW. Sedangkan untuk bulan Agustus mendatang, kata Hendri, pihaknya menargetkan UKW di 38 provinsi.


"Semoga seluruh peserta dapat meraih hasil maksimal dan lulus dengan nilai terbaik," harap Hendri.

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal dalam sambutannya, menilai pentingnya fungsi wartawan sebagai pilar keempat demokrasi sangat berperan penting dalam bernegara.  

"Media itu penting sekali. Artinya teman-teman sangat luar biasa. Stabilitas politik, keamanan sangat variable. Kita tidak melihat warna, tidak melihat benefit dan lain sebagainya yang paling penting adalah persatuan dan kesatuan bangsa dan rasa nasionalisme," ucap Kapolda.

Menurut Irjen Iqbal, orang-orang jurnalis itu adalah orang-orang yang cerdas dan mempunyai intelektual lebih. 

“Profesi jurnalistik itu sangat membanggakan,” kata Irjen Iqbal.  

Saat para peserta UKW sudah dinyatakan kompeten, Kapolda Iqbal berharap dapat menjalankan profesi dengan baik. Kemudian semakin profesional, bertanggungjawab karena tulisan itu bisa menggoyang stabilitas politik keamanan karena mengingat bahwa peranan jurnalis itu sangat penting. 

“Selamat kepada rekan-rekan yang mengikuti uji kompetensi, saya sangat bangga berada di tengah-tengah teman-teman semua,” ungkap Irjen Iqbal.

Iqbal juga mempersilahkan wartawan melakukan kritik, kontrol sosial dan framing-framing itu penting karena kita tau betul media itu sebagai penyeimbang. 

“Tapi ingat, nilai-nilai akidah, nilai-nilai kemanusiaan, kebenaran wajib dijunjung tinggi,” pesan Irjen Iqbal.

Hadir juga pada kegiatan ini Asisten III Pemprov Riau Elly Wardany,  Kadis Kominfotik Ikhwan Ridwan, Kabid Kominfotik Riau Eriadi Fahmi dan Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto. ***



Baca Juga