Ikut Keputusan Pusat, Pemprov Riau Batalkan Proses Belajar Tatap Muka



KLIKMX.COM, PEKANBARU--Rencana menerapkan proses belajar tatap muka di Provinsi Riau, awal tahun 2021 ini batal dilakukan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berasalan, hal ini sesuai keputusan pemerintah pusat. 

Kepala Dinas Pendidikan Riau, Zul Ikram saat dikonfirmasi terkait rencana belajar tatap muka di Riau,  Senin (4/1/2021) menjelaskan, dengan kebijakan baru itu.  Pemprov Riau belum bisa memastikan untuk mengizinkan sekolah untuk jejang SMA dan SMK dan SLB dapat melaksanakan belajar tatap muka di sekolah. 

''Itu kebijakan pemerintah pusat,'' kata Zul Ikram.

Gear Ramadan

Alasannya, sebut Kadisdik, karena beberapa daerah di Provinsi Riau. Saat ini pertambahan Covid-19 masih tinggi. 

''Karena beberapa daerah di Riau masih tinggi penambahan Covid-19. Satgas belum merekomendasikan sekolah untuk melaksanakan belajar tatap muka di sekolah,'' kata Zul Ikram.

Dalam rencana ini, pihaknya mematuhi aturan Satgas. Meski kemarin semua terkait proses belajar tatap muka sudah jauh-jauh hari telah dipersiapkan.

Kadisdik mengaku, Pemerintah Pusat sudah mengarahkan belajar tatap muka di sekolah sudah bisa dilaksanakan mulai awal tahun ini. Artinya, pemerintah pusat juga menyerahkan pelaksanaanya kepada masing-masing daerah. 

''Pemerintah pusat menilai, sejumlah daerah di Indonesia yang kasus Covid-19 masih tinggi. Termasuk salah satunya adalah di Provinsi Riau,'' ungkap Zul Ikram.

Artinya, wacana ini sambung Zul Ikram, awalnya diwacanakan Pemerintah Pusat buka proses belajar mengajar di awal tahun.  

Menanggapi wacana ini, Juru bicara Satuan tugas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, mengatakan, sesuai kesepakatan dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan juga Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Disepakati belum memberikan rekomendasi sekolah tatap muka, dengan kondisi covid-19 saat ini yang masih terjadi diseluruh wilayah.

''Kalau rekomendasi perhimpunan dari dokter IDI dan IDAI, sampai saat ini belum ada memberikan rekomendasi sekolah tatap muka, sekolah dengan kondisi sekarang,'' tegas dokter ahli paru, dr Indra Yovi. 

Terkait rekomendasi dari Satgas itu Satgas yang menentukan, itukan tanggal 4 Januari, yang jelas dari perhimpunan, termasuk dari dokter ikatan dokter anak Indonesia belum memberikan rekomendasi sekolah tatap muka.

Menurutnya, untuk perkembangan kasus penambahan terkonfirmasi positif covid-19 di Riau, masih fluktuatif. Bahkan mencapai angka diatas 100 kasus. Beberapa sekolah sudah pernah menjalankan sekolah tatap muka, namun kembali di batalkan setelah ditemui kasus positif Covid-19 di sekolah. 

''Melihat kondisi kita lihat di Indonesia atau Riau saja, angkanya itu 100 sampai 200 sehari, dan belum ada negara ataupun daerah yang kemudian melakukan sekolah tatap muka kasusnya tidak naik, semuanya baik sesudah tatap muka, kemudian di stop lagi,'' jelasnya.

Sebagaimana diketahui, jadwal sekolah semester genap akan mulai dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2021. Namun, pada saat ini kondisi pandemi covid-19 di seluruh Indonesia masih terjadi.

Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan juga belum memberikan rekomendasi sekolah tatap muka. Termasuk di Provinsi Riau, pandemi covid-19 masih terjadi dan angka penyebarannya masih diatas 100 kasus positif.***

Baca Juga