Minim Diakses Masyarakat, Pemko Pekanbaru Evaluasi Program Doctor On Call

  • Senin, 22 April 2024 - 22:39 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mengevaluasi program Doctor On Call yang di launching tahun lalu. Program layanan kesehatan 24 jam yang bisa diakses dari rumah ini dinilai kurang diakses masyarakat. 

Masyarakat yang mengakses layanan berobat gratis itu masih minim. Padahal program ini menjadi salah satu program prioritas pemerintah kota di bidang kesehatan, selain progam layanan kesehatan Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB) atau Universal Health Coverage (UHC).


Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun menilai program doctor on call belum maksimal. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang belum memanfaatkan program tersebut.


Untuk itu, ia minta se­luruh pihak ikut ambil bagian dalam memaksimalkan layanan kesehatan yang diberikan pemko kepada masyarakat khususnya program doctor on call.

"Program ini untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini selama 24 jam," kata Muflihun, Senin (22/4/2024). 

Ia menuturkan, layanan doctor on call merupakan salah satu program prioritas Pemko Pekanbaru. Dimana masyarakat dapat memanfaatkan program ini jika kesulitan untuk datang ke rumah sakit.


Ada tenaga kesehatan dan dokter yang disiapkan jika masyarakat membutuhkannya. Mereka bisa datang ke rumah masyarakat jika masyarakat kesulitan datang ke fasilitas kesehatan yang ada. Masyarakat bisa memanfaatkan program ini 24 jam nonstop.

Dirinya juga mengimbau masyarakat Pekanbaru agar memanfaatkan program tersebut. Karena sampai pertengahan tahun 2024 ini, tak sampai 40 persen masyarakat di Kota Pekanbaru yang memanfaatkan program doctor on call tersebut.

"Memang progam doctor on call ini belum maksimal. Tidak sampai 40 persen yang menggunakan layanan ini. Makanya kami minta seluruh pihak ikut berperan dalam memaksimalkan program ini agar bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat di Kota Pekanbaru," jelas Muflihun. 

Untuk dapat menikmati layanan ini, masyarakat yang sakit bisa menghubungi puskesmas. Nantinya pihak puskesmas terdekat lah yang akan melayaninya.

Namun jika pihak puskesmas tidak memberikan pelayanan tersebut maka masyarakat dapat melaporkan kepada Pemko Pekanbaru melalui dinas terkait. Muflihun berjanji akan memberikan tindakan tegas kepada kepala puskesmas jika tidak memberikan layanan tersebut dengan baik. ***



Baca Juga