Cegah Kecurangan, Disperindag Cek Alat Ukur Sejumlah SPBU

  • Senin, 22 April 2024 - 22:09 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, telah melakukan pengecekan terhadap sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Mereka mengecek takaran mesin pompa dan mengantisipasi kecurangan pada SPBU yang ada di Pekanbaru. 

Pengecekan dilakukan terhadap SPBU yang berada di pinggiran kota dan yang ada di dalam kota. Pengecekan dilakukan secara acak oleh tim dari Disperindag Pekanbaru. 


"Dari total 53 SPBU, kami ambil sampel di enam lokasi. Semuanya aman," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Senin (22/4/2024).


Pengecekan ini dilakukan mulai menjelang Hari Raya Idulfitri 2024 kemarin. Terakhir Disperindag Pekanbaru melakukan tera ulang di dua SPBU, Senin (8/4/2024). Kedua SPBU yang ditera ulang itu antara lain SPBU di samping Pasar Pagi Arengka dan SPBU di Jalan Kaharudin Nasution.

"Tera ulang SPBU ini bertujuan untuk memastikan alat takar berfungsi dengan baik. Sehingga, konsumen tidak dirugikan," terang Ami, sapaan akrabnya. 

Hasil tera ulang, kedua SPBU masih normal. Semua jenis BBM tidak ada temuan kecurangan. 


Tera ulang alat ukur BBM itu dilakukan secara bertahap di seluruh SPBU. Disperindag akan menurunkan tim lagi ke SPBU yang belum ditera ulang.

Disperindag mengecek takaran mesin pompa di 53 SPBU yang ada di Pekanbaru. Disperindag ingin mengetahui takaran BBM yang dibeli masyarakat sesuai agar tidak ada pihak yang dirugikan. 

"Kami prioritaskan pengecekan SPBU di pinggiran Pekanbaru yang dilintasi kendaraan dari daerah lain. SPBU dalam kota juga tak luput kami tera," pungkasnya. ***



Baca Juga