Usai Libur Lebaran Kehadiran ASN Pemko 98 Persen

  • Rabu, 17 April 2024 - 22:23 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru, mengklaim tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Pekanbaru pasca libur lebaran 2024 tinggi. Tingkat kehadiran ASN dari seluruh instansi di lingkungan Pemko Pekanbaru capai 98 persen. 

Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru Irwan Suryadi mengatakan, bahwa pada hari pertama masuk kerja juga dilaksanakan apel gabungan yang dipimpin Pj Walikota Pekanbaru Muflihun. Para kepala OPD dan jajarannya hadir pada apel perdana tersebut.


"Tingkat kehadirannya sangat tinggi. 98 persen," kata Irwan Suryadi, Rabu (17/4/2024). 


Ia menuturkan, selain menggelar apel gabungan juga dilakukan absensi terhadap masing-masing OPD. Persentase tersebut didapat dari absensi setiap OPD. Irwan menilai, angka 98 persen total kehadiran ASN itu pun sangat bagus.

"Jumlah 98 persen persentase kehadiran sangat bagus. Sudah bagus itu," terangnya. 

Sementara dua persen lainnya, dijelaskan Irwan ada yang cuti dan izin dengan alasan lainnya. Pegawai yang masuk kategori 2 persen terbut bakal terhindar dari sanksi. Sebab sebelumnya, bagi pegawai yang menambah libur bakal diberi sanksi.


Walau demikian, pihaknya akan kembali mengcroscheck alasan pegawai yang tidak hadir tersebut. Apakah benar-benar cuti ataupun ada tugas luar.

"Jadi untuk yang 2 persen itu, nanti kita akan cek lagi," jelas Irwan. 

Sebelumnya, seluruh ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru, diingatkan untuk tidak menambah libur lebaran 1445 H / 2024 M. Para ASN dan THL kembali berkantor mulai, Selasa (16/4/2024) pasca cuti bersama Idulfitri. 

Aktivitas perkantoran pemerintahan akan kembali berjalan pada hari itu. Para ASN dan THL harus mempersiapkan diri agar bisa kembali berkantor pada hari pertama masuk kerja usai libur lebaran ini. 

Pemko Pekanbaru juga tidak menerapkan Work from Home (WFH) bagi ASN seperti surat edaran pemerintah pusat.

"Untuk ASN hari Selasa (16/4) besok masuk semuanya," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Irwan Suryadi, Senin (15/4/2024). 

Dirinya memastikan, seluruh ASN dilingkungan Pemko Pekanbaru akan masuk pada pada Selasa (16/4). Karena Pemko Pekanbaru tidak mengadopsi work from home pada 16 dan 17 April. Sehingga seluruh aparatur sipil harus hadir pada 16 April nanti.

Irwan menuturkan, bahwa pihaknya memang sudah menerima soal penerima WFH tersebut dari pemerintah pusat. Namun Irwan menyebut Pemko Pekanbaru tidak menerapkan WFO saat awal masuk usai cuti bersama lebaran. 

Kebijakan pemerintah pusat tersebut dilakukan demi mensiasati puncak arus balik. Sehingga kemacetan di jalan raya dan lainnya bisa dihindari saat arus balik lebaran. ***



Baca Juga