Perubahan Cuaca Panas ke Hujan Masih Akan Terjadi di Pekanbaru

  • Senin, 06 Mei 2024 - 22:45 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Cuaca panas diselingi hujan mendadak masih akan terjadi pada awal bulan Mei ini. Masyarakat diimbau tetap mewaspadai kondisi cuaca ekstrem, karena peralihan dari panas menjadi hujan cukup cepat. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Candra mengatakan, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hujan masih akan turun dalam seminggu ini. 


"Perubahan cuaca dari panas terik menjadi hujan diprediksi masih akan terjadi pada awal Mei ini," kata Zarman Candra, Senin (6/5/2024). 


Ia menuturkan, pihaknya bersiaga dalam mengantisipasi dampak yang ditimbulkan terhadap kondisi cuaca saat ini. Mereka menyiagakan tenda pengungsian hingga peralatan evakuasi serta personel. 

Pihaknya juga memantau wilayah rawan banjir. Namun, hingga kini pihaknya belum menerima laporan terkait adanya pemukiman yang direndam banjir. 

"Kalau untuk pemukiman masyarakat kita belum terima laporan. Tapi kami tetap siaga," terang Zarman.


Ia menjelaskan, bahwa hujan yang terjadi saat ini tidak berlangsung sepanjang hari. Tapi hujan yang terjadi juga diselingi cuaca panas setiap harinya dengan intensitas ringan hingga sedang. 

"Kami tetap komunikasi dengan BMKG terkait potensi hujan. Langkah mitigasi tetap dilakukan," ungkap Zarman. 

Oleh sebab itu, pihaknya mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terutama yang berada di wilayah rawan banjir atau yang berada di bantaran sungai. Mereka bisa mengantisipasi agar barang berharga mereka supaya tidak direndam banjir. ***



Baca Juga