Diduga Akibat Limbah PT ASMJ, Aliran Sungai Bawang Kuansing Menghitam

  • Kamis, 24 November 2022 - 14:02 WIB


KLIKMX.COM, KUANSING - Aliran Sungai Bawang, Desa Jake, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), menghitam, diduga terkena limbah buangan dari Pabrik Kelapa Sawit Milik PT Asia Sawit Makmur Jaya (ASMJ). Bahkan tumpahan limbah itu acap kali disebut warga terjadi di sungai tersebut.

Menurut warga yang tidak mau disebut namanya kepada Pekanbaru MX, Kamis (24/11/2022) menyebutkan, akibat limbah tumpahan yang diduga dari PKS PT ASMJ itu, tidak ditemukan lagi ikan di sepanjang sungai Bawang. Padahal, dahulu, Sungai Bawang ini adalah tempat warga mencari ikan dan mandi.

Yamaha November

''Sepanjang sungai tak ada lagi ikan. Warga pun juga enggan. Jangankan mau mandi mendekat saja warga takut. Airnya hitam seperti itu,'' ujarnya. 


Sedangkan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuansing melalui Kabid Pengawasan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Ermi Johan, SSi ketika dihubungi Pekanbaru MX meminta kepada masyarakat agar langsung melaporkan ke pihak DLH jika sedang melihat air dalam keadaan tak baik. Sebab pihaknya langsung melakukan penelusuran asal dari dugaan limbah tersebut.

''Kita minta kepada warga. Jika melihat air sungai dalam keadaan tak bagus. Segera hubungi pihak DLH Kuansing. Kita langsung turun dan mengecek airnya jika memang tercemar limbah, kita telusuri asal dugaan limbah itu,'' ujar Ermi.

Sementara itu, Debi Chandra dari pihak PT ASMJ yang dihubungi Pekanbaru MX, Kamis (24/11/2022) siang, hingga berita ini diturunkan belum membalas hasil konfirmasi, baik itu chat via Whatsapp maupun lewat sambungan telepon.(***)




Baca Juga