Riau Dikepung Ratusan Hotspot, Terbanyak di Kepulauan Meranti & Disusul Dumai

  • Senin, 25 Maret 2024 - 13:14 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Provinsi Riau dikepung ratusan hotspot dengan total 124 titik yang tersebar di delapan kabupaten/kota. Sementara itu, di Pulau Sumatera terdapat 190 titik, pada Senin (25/3/2024).

Sebaran titik itu, terbanyak muncul 58 titik di Kepulauan Meranti, disusul 48 titik di Kota Dumai.


Dilanjutkan, delapan titik di Kabupaten Pelalawan, empat titik di Indragiri Hilir, tiga titik di Siak. Sisanya, masing-masing satu titik di Bengkalis, Kuansing dan Rohil.


“Alat BMKG mendeteksi 190 titik hotspot di Pulau Sumatera, titik terbanyak di Provinsi Riau sebanyak 124 titik,” jelas Forecaster Om Duty BMKG Pekanbaru Bella RA kepada Pekanbaru MX, Senin (25/3/2024).

Dijelaskan Bella, untuk rincian hotspot terdeteksi di Pulau Sumatera. Provinsi Riau merupakan penyumbang terbanyak yakni 124 titik.

Selanjutnya, sebanyak 43 titik hotspot di Bangka Belitung, tujuh titik di Sumatera Selatan.


Kemudian, masing-masing lima titik di Provinsi Jambi dan Kepulauan Riau. Dilanjutkan masing-masing dua titik hotspot di Aceh dan Lampung. Terakhir, masing-masing satu titik di Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Untuk prakiraan cuaca, di pagi hari udara kabur berawan dengan intensitas hujan ringan hingga sedang diperkirakan terjadi di sebagian wilayah Rohul, Rohil, Kuansing dan Kampar.

Siang hingga sore hari diperkirakan cerah berawan, berawan dengan intensitas hujan ringan hingga sedang diperkirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuansing, Rohul, Inhu, Pelalawan dan Inhil.

Di malam hari, cuaca diperkirakan cerah berawan, berawan dengan hujan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan terjadi di sebagian wilayah Bengkalis, Rohil, Siak, Inhu, Kuansing, Kampar, Rohul, Pelalawan, Dumai dan Pekanbaru.

Sedangkan pada dinihari, udara kabur, berawan. Dengan intensitas hujan ringan hingga sedang diperkirakan terjadi di sebagian wilayah Rohul, Bengkalis, Kampar, Pelalawan, Kuansing, Dumai dan Pekanbaru.

“Untuk peringatan dini waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir di sebagian wilayah Rohil, Bengkalis, Kampar, Kuansing, Rohul dan Dumai pada malam dan dinihari,” pungkas Bella. ***



Baca Juga