Kapolda Riau Apresiasi Vaksinasi PT RAPP



KLIKMX.COM, PELALAWAN -- Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH mengunjungi kegiatan Vaksinasi di PT RAPP Pelalawan, Selasa (15/3/2022).

Turut menghadiri peninjauan Kapolres Pelalawan, AKBP Guntur Muhammad Thariq, Ketua DPRD Pelalawan, Baharuddin, Kajari Pelalawan, Silpia Rosalina, Direktur Social Capital RAPP, Mulia Nauli serta unsur Forkopimda Pelalawan dan perwakilan manajemen perusahaan lainnya.


Melihat antusiasme masyarakat yang tinggi, mantan Kadivhumas Polri ini mengapresiasi laju percepatan vaksinasi yang dilakukan di Kabupaten Pelalawan.

Iqbal menilai, capaian program percepatan vaksinasi di Kota Pelalawan sangat luar biasa.

“Ini luar biasa dan menggambarkan kebersamaan dan kegotongroyongan seluruh infrastruktur sosial kita untuk meminimalisir atau melawan Covid-19 yang melanda dunia,” ujar jenderal bintang dua ini. 

Dia mengajak semua pihak di Pelalawan, untuk membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia bisa menjadi terbaik penanganan Covid-19.

“Mari kita buktikan kepada dunia bahwa Indonesia menjadi yang terbaik dalam menangani Covid-19, bahkan mungkin masuk ranking 4 dunia tercepat vaksinasi di seluruh dunia,” ajak Irjen Iqbal.

Namun, untuk mencapai target itu, dia mengingatkan pentingnya kolaborasi semua pihak secara bersama-sama dan saling peduli antara tokoh, pemuka dan seluruh elemen masyarakat, institusi TNI dan Polri, Perusahaan dan sebagainya untuk bahu membahu melawan Covid-19 dan mempercepat laju vaksinasi.

“Harapan saya agar Kabupaten Pelalawan bisa menjadi percontohan dalam pelaksanaan vaksinasi 1, 2 dan 3,” ungkap Kapolda.

Menurutnya, capaian yang telah dilakukan saat ini tidak bisa terlaksana jika tidak mengedepankan kerjasama.

“Bayangkan kalau kita tidak bersama, tidak peduli dalam melawan Covid-19 ini, mungkin laju vaksinasi kita tidak seperti ini,” ungkap Kapolda.

Iqbal menjelaskan, sesuai data dari Covid19.go.id menyebutkan Indonesia berada di peringkat ke-4 di dunia dengan jumlah vaksinasi Covid-19 terbanyak pada 4 Januari 2022 setelah Republik Rakyat Tiongkok, India dan Amerika Serikat. 

“Saat ini di Indonesia jumlah vaksinasi mencapai 283.554.361 dosis vaksin untuk 166,65 juta sasaran vaksin,” urai Iqbal.

Sementara itu, untuk target Pemerintah, lanjut Iqbal menargetkan cakupan vaksinasi nasional 208,2 juta penduduk selesai pada April 2022 mendatang.

Sementara itu, Bupati Pelalawan, Zukri Misran mengatakan, bahwa RAPP merupakan salah satu andalan dari Kabupaten Pelalawan untuk mencapai target vaksinasi tersebut. 

Hal ini jelas Zukri, meskipun di masa pandemi Covid-19, kota Pelalawan tetap menjadi Kabupaten dengan nilai investasi tertinggi di Provinsi Riau. 

Zukri menjelaskan, saat ini pertumbuhan ekonomi tertinggi di Riau ditempati Pelalawan. Bahkan mengalahkan pertumbuhan Provinsi Riau sendiri dengan pertumbuhan sebesar 4 persen di tahun 2021.

“Ini sangat luar biasa, kami mengapresiasi semua pihak baik dari kepolisian, TNI yang selalu membantu pemerintah, perusahaan yang terus berkontribusi kepada daerah serta seluruh elemen masyarakat,” kata Zukri.

Pertama Gelar Vaksinasi Gotong Royong di Riau 

Turut menyampaikan Direktur RAPP, Mhd Ali Shabri, bahwa pelaksanakan vaksinasi massal Covid-19, RAPP bekerjasama dengan Polres Pelalawan dan berbagai pihak guna mendukung percepatan vaksinasi nasional. 

Sejak awal pandemi, ujar Ali, perusahaan bagian dari grup APRIL ini telah melakukan berbagai langkah penanganan Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat di lingkungan perusahaan.

“Salah satunya kita menjadi perusahaan pertama yang memiliki alat PCR bekerjasama dengan rumah sakit untuk penerapan prokes dan perusahaan perdana yang menggelar vaksinasi gotong royong di Riau di tahun 2021 lalu serta berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten dan Polres Pelalawan dalam melaksanakan vaksinasi massal kepada masyarakat,” jelasnya.

Sesuai data, saat ini realisasi vaksinasi dosis pertama di Riau sudah mencapai 94,39 persen atau sebanyak 4.568.816 orang per 13 Maret 2022 dan vaksinasi dosis kedua sebanyak 3.440.756 orang atau 71,08 persen.

Sementara itu, untuk target vaksinasi lansia dosis pertama mencapai 218.057 orang atau 67,62 persen dan dosis kedua mencapai 157.688 orang atau 48,90 persen. Kemudian, vaksinasi anak dosis pertama mencapai 463.377 orang atau 65,06 persen dan dosis kedua mencapai 233.195 orang atau 32,74 persen.

Jalannya peninjuan, Kapolda melihat langsung pelaksanaan vaksinasi massal dan melakukan dialog bersama masyarakat penerima vaksin.***

Jual-Rumah

Baca Juga