Demi Negara, Sukseskan Pemilu 2024

Sambil Asuh Anak, Briptu Fredina Tetap Tegar Laksanakan Tugas sebagai Pam TPS

  • Jumat, 16 Februari 2024 - 14:36 WIB


KLIKMX.COM, SIAKHULU - Meski diamanahkan tugas lumayan berat sebagai personel pengamanan (Pam) Tempat Pemungutan Suara (TPS), tapi ia tak mengabaikan kerjaan mulia mengasuh putrinya yang masih berusia dua tahun tiga bulan.

Dia adalah Briptu Fredina Rezki Efendi SH, Srikandi Polwan Polsek Siak Hulu yang bertugas mengamankan kotak suara di TPS 10, Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Ia tetap tegar menjalankan tugas negara yang diamanahkan oleh pimpinannya, namun juga terlihat tulus memberikan kasih sayang untuk sang putri.


Keseriusannya menjalankan tugas itu pun mendapatkan perhatian khusus Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal SIK MH. Kapolda saat itu bersama Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution SIP, Ketua KPU Riau Ilham Muhamad Yasir SH LLM, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal SKom MIKom, Danrem 031/ Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan SAP MHan, Kabinda Riau Brigjen TNI Amino Setyo Budi, Kepala BNNP Riau Brigjen Pol Robinson DP Siregar SH SIK MH, Danlanud RSN Marsma TNI Feri Yunaldi SE MHan, Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel MTr Hanla MM dan Forkopimda Riau lainya mengecek langsung situasi tahapan pencoblosan di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Rabu, 14 Februari 2024 lalu.


Setibanya di TPS 10, Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, pandangan Kapolda Iqbal langsung tertuju pada  Briptu Fredina. Di mana di sela-sela waktu luang, Polwan berhijab itu menyempatkan diri menjalankan 'fitrah' nya sebagai seorang ibu, mengasuh anaknya.

''Luar biasa Jenderal, seorang ibu yang juga Srikandi Polwan yang bertugas di Polsek Siak Hulu ini berjuang untuk kepentingan Negara, dalam menyukseskan pesta demokrasi yakni memastikan Pemilu 2024 berlangsung aman, nyaman dan damai,'' celetuk warga saat itu pada Kapolda.

Kapolda Riau kemudian menghampiri Briptu Fredina dan memberikan semangat. ''Tetap semangat ya Buk. Ini merupakan tugas mulia dan sebagai anggota Polri harus siap menyukseskan pemilu ini dengan baik,'' ucap Jenderal bintang dua polisi, yang dikenal ramah dengan semua kalangan itu sambil melepaskan senyuman khasnya.


Ucapan mantan Kadiv Humas Polri itu pun disambut Briptu Fredina. ''Siap Pak Kapolda, siap Pak Jendral. Demi negara dan untuk menyukseskan pemilu, kita siap segala sesuatunya,'' balas Fredina.

Fredina mengungkapkan, ini tugas negara dan juga perintah komandan yang harus dilaksanakan sebaik-baik mungkin. 

''Sebagai Polwan, kami memilki tanggung jawab yang sama dengan polisi laki-laki untuk melindungi dan melayani serta selalu hadir di tengah masyarakat," kata Briptu Fredina.
 
Ia bertutur, biar pun hasil perhitungan suara pemilu hingga dini hari, ia tetap fokuskan tugas negara yang diutamakannya. Selaku Polwan, ia juga memiliki anak yang masih kecil berusia dua tahun tiga bulan yang memang butuh seorang ibu. 

''Tapi itu tidak masalah bagi saya, berkerja demi negara sekaligus memberi keharmonisan dalam rumah tangga, khususnya buat anak. Itu juga merupakan tugas mulia bagi saya,'' tuturnya dengan semangat.

Ini juga suatu langkah memberikan edukasi dengan mendidik anaknya dari usia dini untuk bersosialisasi dengan banyak orang. Seringnya bersosialisasi ke tempat yang positif, tentu akan tertanam pula dalam jiwa anaknya dengan hal yang positif.

''Kasih sayang yang saya berikan kepada putriku ini, juga merupakan menanamkan pendidikan tentang kasih sayang,'' tuturnya lagi.

Kelak anakku telah dewasa, diungkapkannya, akan tertanam dalam jiwanya bahwa kasih sayang itu sangat penting sekali, khususnya bagi keluarga. Karena dengan memberikan belaian kasih sayang, tentunya nanti akan terpatri dalam benaknya.

''Mudah-mudahan kelak putri kami ini menjadi anak yang soleha, bertanggungjawab menjaga amanah, berguna bagi keluarga, bangsa dan agama. Aamiin,'' ucapnya mengakhiri dengan menadahkan kedua tangan lalu diusapkan ke mukanya.

Patut Diteladani

Ketua PPK Siak Hulu Edi Efendi mengatakan, apa yang dilakukan Briptu Fredina Rezki Efendi SH itu patut diapresiasi. ''Sikap Buk Polwan Briptu Fredina ini patut diapresiasi dan diteladani,'' ungkap Edi Efendi.

Menurutnya, Briptu Fredina yang ia kenal dalam kesehariannya memang begitu adanya. Apalagi dalam sebulan belakangan ini menjelang tahap pencoblosan pemilu serentak 2024, ia selalu melihat dan saling sapa dengan Briptu Fredina saat bertugas.

''Briptu Fredina ini, termasuk sosok orang yang ramah dan bertanggungjawab. Itulah sedikit yang saya tau. Karena meski bertugas sebagai anggota Polri yang diembannya, Buk Fredina tak pernah melalaikan tangung jawabnya sebagai seorang istri dan juga ibu,'' ujar Edi.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Panwaslu Kecamatan Siak Hulu Alfedri. Baginya, sosok Briptu Fredina begitu sapaan akrab yang dikenalnya memang seorang yang mudah akrab dengan seseorang dan tidak sombong.

''Meski seorang polwan, Buk Fredina tidak pernah angkuh. Sikap beliau (Fredina, red), apa adanya dan bersahaja,'' kata Alfedri.

Semoga ini, katanya, dapat dijadikan contoh oleh kaum wanita dan ibu-ibu, begitu juga halnya dengan rekan seprofesinya. Sebab sikap bijaksana dan teladan seperti Briptu Fredina, saat ini susah-susah gampang ditemukan.

''Semoga saja semakin banyak sifat orang seperti Buk Fredina ini, apalagi seorang polwan. Karena selain bertugas sebagai penegak hukum, polwan juga sebagai pelayanan dan pengayom masyarakat,'' kata Edi lagi.

Ucapan mirip pun disampaikan Camat Siak Hulu Irwansyah SSTP. ''Akhir-akhir ini, apalagi di momen pemilu serentak 2024, kami memang selalu berkumpul dan bangun komunikasi dengan jajaran Polsek Hulu dan teman-teman TNI, termasuk dengan Buk Briptu Fredina,'' kata Camat Irwansyah.

Selama ini yang ia tahu, kata camat, Briptu Fredina memang sosok orang yang bertanggung jawab. Baik itu, tugas yang ia emban sebagai anggota Polri maupun sebagai seorang istri sekaligus ibu.

''Yang kita tau, Buk Fredina tidak pernah lalai dalam bertugas, meski dia tetap mengasuh putrinya yang masih kecil. Termasuk yang kita lihat sambil menjaga keamanan kotak suara, tapi beliau tetap bisa membagi waktu memberi belai kasih sayang kepada putrinya itu,'' kata Irwansyah.

Selain sosok Briptu Fredina, katanya, Kapolsek Siak Hulu AKP Asdisyah Mursyid dinilainya juga merupakan sosok pemimpin yang baik. ''Karena kalau pemimpinnya bagus dan baik, biasanya akan diteladani dan dicontohi oleh anak buah atau anggotanya,'' ucap Irwansyah.

Beberapa bulan belakangan ini, diungkapkannya, ia bersama Forkopimcam Siak Hulu selalu diajak Kapolsek Siak Hulu untuk bersama-sama melaksanakan program cooling system yakni mensosialisasikan kepada masyarakat agar menjaga situasi kamtibmas sebelum dan sesudah pemilu berlangsung dengan aman dan damai.

''Alhamdulillah, program cooling system Polri boleh kita bilang berhasil. Karena buktinya nyata dan hasilnya pemilu serentak 2024 berlangsung dengan aman, nyaman dan kondusif, seperti yang kita rasakan bersama di Kecamatan Siak Hulu ini,'' ungkapnya seraya berharap semoga seterusnya situasi kamtibmas tetap berlangsung kondusif di mana pun berada.

Pada kesempatan itu Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja SIK MH melalui Kapolsek Siak Hulu AKP Asdisyah Mursyid SH mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel yang bertugas.

''Amanah dari Pak Kapolres Kampar, kami mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh personel yang bertugas sebagai penjagaan dan pengamanan logistik kotak suara,'' ungkap AKP Asdisyah Mursyid SH kepada Klikmx.com, Rabu (14/2/2024).

Yakni hingga terlaksananya hari pencoblosan dan pengangkutan kotak suara dari TPS ke PPS desa sampai ke PPK kecamatan. Dengan berlangsung aman, lancar dan terkendali.

''Alhamdulilah. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih banyak, begitu juga dengan pak camat, pak Danramil, PPK, Panwaslu, tokoh masyarakat dan rekan-rekan Linmas serta semua pihak yang bersama-sama bekerja keras turut menyukseskan pemilu 2024 ini,'' ujar mantan Kasat Reserse Narkoba Polres Kampar ini.

Kapolres, kata Kapolsek, juga menyampaikan kepada personel yang masih bertugas di desa-desa agar tetap menjaga kesehatan dan tetap menjalin komunikasi dengan keluarga.

''Pastikan proses pemilu serentak 2024 ini tetap berjalan kondusif, aman, nyaman dan damai,'' pintanya. ***



Baca Juga