UPT-PKB Dishub Pekanbaru Gencar Sosialisasi, Kendaraan Uji KIR Meningkat

  • Rabu, 06 April 2022 - 17:31 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor (UPT-PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, gencar melakukan sosialisasi uji kendaraan secara berkala. 

Pihaknya melakukan sosialisasi dan imbauan kepada perusahaan angkutan agar melakukan pengujian kendaraan. Mereka diimbau agar melakukan pengujian kendaraan tepat pada waktunya. 


"Kita juga surati perusahaan agar uji kendaraan secara berkala. Kita juga aktif di media sosial untuk imbauan," kata Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso, melalui Kepala UPT PKB, Zulfahmi, MT, Rabu (6/4/2022). 


Langkah ini, dikatakan Zulfahmi sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran pengemudi angkutan melakukan uji kendaraan. Sebagai upaya keselamatan berkendara di jalan raya. 

Ditambahkannya, saat ini jumlah kendaraan yang melakukan uji kendaraan mencapai 100 kendaraan setiap harinya. Layanan uji kendaraan saat ini dimudahkan dengan penggunaan kartu Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe). 

"Pengurusan tidak lama. Kalau memenuhi syarat dan kelengkapan hanya hitungan menit," terangnya. 


Ia menilai, jumlah kendaraan angkutan yang melakukan Uji KIR saat ini mulai meningkat. Saat ini jumlah pendaftaran uji KIR kendaraan mencapai 150 hingga 200 kendaraan dalam satu hari.

Jika dibandingkan saat Pekanbaru menerapkan PPKM level 4 beberapa waktu lalu hanya berkisar pada 120 kendaraan. 

"Saat ini sudah mulai melonjak naik lah, jika dibandingkan saat pengetatan kegiatan masyarakat beberapa waktu lalu akibat Covid-19," ucapnya. 

Ia mengaku, untuk realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2021 dari retribusi uji KIR sebanyak Rp5,4 Miliar dari target Rp6 miliar. Sementara realisasi pada tahun 2020 hanya sebanyak Rp4,3 Miliar. (Adv)

 

 

 

Petugas tengah melakukan uji KIR kendaraan.

 

Warga mengantri guna melakukan uji KIR kendaraan mereka

 

Kantor UPT-PKB Dishub Pekanbaru di Jalan HR Subrantas.

 



Baca Juga