Bid Humas Polda Riau Secara Masif Sosialisasikan Bahaya Paham Radakalisme dan Terorisme

  • Kamis, 04 Juli 2024 - 20:51 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Mengantisipasi bahayanya paham radikalisme dan terorisme di lingkungan masyarakat, Bid Humas Polda Riau secara masif gencar mensosialisasikan imbauan melalui media massa tentang paham tersebut, Kamis (11/6/2024). 

Imbauan itu salah satu langkah upaya Polda Riau untuk menjaga kesatuan dan persatuan antar sesama untuk keutuhan NKRI, khusus di Bumi Lancang Kuning Provinsi Riau tetap aman dan nyaman serta kondusif.


''Terorisme adalah suatu tindak kekerasan dengan sengaja untuk mencapai tujuan politik atau ideologis, sedangkan radikalisme adalah paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau dengan sikap ekstrem,'' ungkap Kabid Humas Polda Riau Kombes Hery Murwono, Kamis (4/7/2024).


Dikatakannya, adapun dampak adanya gerakan radikalisme dan terorisme bisa menyebabkan banyak kerusakan, sehingga berbagai pihak mengalami kerugian. Oleh karena itu, semua pihak perlu berhati-hati dan upaya pencegahan harus dilakukan secara masif, terutama kepada ibu-ibu, keluarga dan sekolah-sekolah.

"Pengawasan orang tua terhadap anak-anak nya sangatlah penting, anak-anak yang beranjak remaja mereka sedang mencari validasi diri, dan apabila mereka tidak dibimbing secara baik oleh orang tua, keluarga dan sekolah, maka dengan mudah mereka akan terpengaruh dengan yang namanya paham radikalisme dan terorisme,'' ujarnya.

Lanjutnya, untuk mencegah adanya paham radikalisme dan terorisme di tengah masyarakat, tentu perlu kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat.


"Mari sama-sama kita perkuat komitmen untuk mencegah paham radikalisme dan terorisme dalam keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat. Jika ada melihat atau menemukan tindakan yang sifatnya menyimpang segera laporkan kepada RT, RW, lurah atau pihak yang berwenang,'' pungkasnya menyerukan. ***
 



Baca Juga