Ditlantas Polda Riau Jalankan Program Kapolri Sigit dan Kapolda Iqbal

Aplikasi ‘Si Talam Manis Presisi’ Ciptakan Polantas Penolong Masyarakat

  • Selasa, 16 Agustus 2022 - 11:10 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau yang digawangi Kombes Pol Firman Darmansyah SIK, menciptakan aplikasi Polisi Lalu Lintas penolong masyarakat bernama ‘Si Talam Manis Presisi Ditlantas Polda Riau’. Peluncuran aplikasi ini ditujukan untuk memberikan peningkatan pelayanan berbasis digital bagi masyarakat Riau.

Dirlantas Polda Riau Kombes Firman Darmansyah menjelaskan, dibuatnya aplikasi ini menjawab kehidupan manusia di era modern guna mengikuti zaman perkembangan teknologi yang terus masif untuk mencapai solusi pelayanan cerdas dan praktis kepada masyarakat.

Yamaha Fazio Mei 2022

 “Aplikasi ini menjawab berbagai konsep yang mulai membanjiri lini kehidupan saat ini yang terus bertransformasi ke era digitalisasi,” kata Firman.


Pentolan Akpol 1997 ini mengatakan, aplikasi ini tentunya mengikuti perkembangan era teknologi dan informasi 4.0 yang sejalan dengan program prioritas Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo MSi yang tersemat dalam poin ke - 04 yakni Perubahan Technologi Kepolisian Modern POLICE 4.0 dan poin ke - 11 yakni Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, serta Program Prioritas Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH di poin 11, tentang Pelayanan Publik.

 “Menjawab  itu semua, Direktorat Lalulintas Polda Riau melahirkan pelayanan digital Kepolisian yang disebut Si Talam Manis Presisi  Ditlantas Polda Riau,” ungkap Dirlantas.

Aplikasi layanan digital tersebut, lanjut perwira menengah (Pamen) bunga melati tiga ini, sangat mudah dimiliki masyarakat Riau pada umumnya. Caranya, hanya cukup mengakses di layanan Play Store Smartphone Android, kemudian download dan  ikuti format dan panduan secara otomatis selaku pengguna layanan tersebut.


“Semua layanan yang disediakan di aplikasi Si Talam Manis Presisi ini sangat mudah diakses,” beber Dirlantas.

Aplikasi ini lanjut Dirlantas, menampilkan beberapa menu-menu layanan yang tersedia seperti layanan emergency, Lakalantas, kemacetan dan pengawalan. Kemudian, sambung Dirlantas, aplikasi ini menyediakan layanan “Bantuan Polisi” yakni seperti isi kejadian, daftar nama anggota yang bertugas.

Menu lainnya, jelas Dirlantas, yakni pendidikan  masyarakat (Dikmas Lalu Lintas) yang di dalamnya ada kegiatan Dikmas Lantas (Giat Dikmas Lantas).

Aplikasi ini juga dilengkapi info layanan seorang, Informasi layanan,  E-Simling, E Pengawalan, E-Dikmas dan Lokasi Penting hingga CCTV.

Sedangkan, fitur lainnya yang ada di dalam aplikasi ini yakni Estimasi Waktu Pergerakan dan Rating dan Ulasan.

“Sebelum diluncurkan aplikasi layanan digital ini telah mengikuti beberapa uji materi dan kajian yang cukup matang sebelum diperkenalkan ke publik,” terang Dirlantas.

“Aplikasi hadir guna menjawab kebutuhan masyarakat yang saat ini kita ketahui bahwa perkembangan teknologi terus meningkat. Guna menjawab kebutuhan tersebut, kita hadirkan layanan berbasis digital agar apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini bisa terpenuhi dengan cepat," terang Dirlantas lagi.

Pihaknya berharap,  layanan aplikasi yang namakan Si Talam Manis Presisi  Ditlantas Polda Riau ini menjawab kebutuhan masyarakat saat ini, dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya di wilayah Provinsi Riau.

Tujuannya, sambung Dirlantas, melalui peran era digitalisasi, aplikasi Si Talam Manis Presisi hadir guna terciptanya polantas - polantas penolong di tengah masyarakat.

“Yang jelas, layanan aplikasi Si Talam Manis Presisi Ditlantas Polda Riau ini kita hadirkan ada enam layanan, seperti emergency,  lakalantas, emergency kemacetan, emergency pengawalan, bantuan polisi, Dikmas Lantas serta info layanan E-Simling,  E-Pengawalan, E-Dikmas, lokasi penting, CCTV,” jelas Dirlantas Polda Riau.

“Mari kita miliki layanan aplikasi Si Talam Manis Presisi Ditlantas Polda Riau, guna memudahkan  kita untuk mendapatkan pelayanan cepat yang telah disajikan di fitur-fitur aplikasi tersebut,” ajak Dirlantas, sambil mengucapkan Salam Presisi.***

 

 



Baca Juga