Pastikan Kesiapan Pemilu Pulau Terluar di Riau, Kapolda: Jadikan Ajang Demokrasi Berkualitas

  • Senin, 12 Februari 2024 - 17:36 WIB


KLIKMX.COM, Meranti - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH bersama Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan SAP MHan dan Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Feri Yunaldi SE MHan memastikan kelancaran dan keamanan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Pulau terluar, Senin (12/2/204).

Pada kegiatan ini, Kapolda Iqbal dan rombongan turun langsung memeriksa persiapan distribusi logistik pemilu dan melihat langsung kondisi tempat pemungutan suara (TPS).


Upaya memastikan kesiapan pemilu ini dilakukan di Pulau Burung (Inhil) dan Pulau Rangsang (Meranti) wilayah terluar Provinsi Riau.


"Peninjauan di pulau terluar ini karena kita tidak hanya fokus memastikan kesiapan pemilu di daerah yang mudah dijangkau," kata Irjen Iqbal.

Untuk menjangkau Pulau Burung dan Pulau Rangsang, Kapolda bersama Danrem dan Danlanud menggunakan helikopter.

"Kami meninjau persiapan di Pulau Burung dan Pulau Rangsang ini untuk memastikan bahwa personel di bawah siap mengawal jalannya pemilu hingga wilayah terluar," jelas Kapolda.


Setibanya, di Kabupaten Kepulauan Meranti rombongan disambut langsung Forkopimda Kepulauan Meranti, yakni Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar SH MH, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Kurnia Setyawan SH SIK, Danramil Tebing Tinggi Tarman Sugiarto, Kajari Kepulauan Meranti Febriyan serta Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti Kompol Yudi Setiawan SH MH.

Kepada jajarannya di Kepulauan Meranti, Kapolda Iqbal menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam pemilu. 

"Saya harapkan partisipasi aktif dari masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari mendatang," harap Kapolda. 

Kapolda juga menekankan jajarannya di Riau, khususnya di Kepulauan Meranti pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Hak konstitusional berada di tangan masyarakat, maka gunakanlah hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, jangan percaya hoax, pilihan boleh beda tapi keamanan dan persatuan warga harus tetap terjaga," tegasnya.

Kunjungan Kapolda Riau ke Pulau Rangsang dan Pulau Burung ini menjadi bukti nyata komitmen aparat kepolisian memastikan jalannya pemilu yang aman dan berlangsung dengan lancar.

Kapolda yakin dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk Forkopimda dan masyarakat, diharapkan pemilu tahun 2024 akan menjadi ajang demokrasi yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi bangsa dan negara. ***



Baca Juga