Irjen Mohammad Iqbal Raih Anugerah Bawaslu

Lepas Ribuan Personel Pam Pemilu, Kapolda Riau: Laksanakan Tugas Mulia Ini dengan Baik

  • Minggu, 11 Februari 2024 - 16:41 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal didampingi Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution, Danrem 031/Wira Bima, Danlanud, Danlanal, Ketua KPU Riau dan Ketua Bawaslu Riau memimpin pelepasan 1.664 pergeseran pasukan (Serpas) di halaman Mapolda Riau, Ahad (11/2/2024).

Dalam arahannya kepada seluruh ribuan personel gabungan yang mengikuti apel, Kapolda mengatakan, pergeseran pasukan dilakukan untuk mengamankan Pemilu agar dapat berjalan dengan baik, kondusif dan damai.


Kapolda menjelaskan, pihaknya melakukan penebalan pasukan hampir di seluruh kabupaten/kota se-Riau. “Ada dua yang tidak ditabalkan, itu di Kuansing dan Dumai. Teman-teman Lanal, Brimob tetap kita siagakan di sana,” ungkap Ketua Alumni Akpol 1991 itu.


Agar pengamanan yang dilakukan berhasil, Kapolda mengajak seluruh personel gabungan untuk bersama-sama memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Pada masa tenang ini adalah momentum kita laksanakan apel pengerahan pasukan. Momentum ini adalah TNI-Polri dan ASN dan semua yang terlibat akan melaksanakan tugas mulia ini,” jelas mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat ini.

Melalui kegiatan ini, rekan-rekan akan nenjamin keamanan, menjamin penyelenggaraan pemungutan suara pergeseran logistik pemilu dari gudang KPU, PPK, PPS sampai ke tempat pemungutan suara. Setelah itu ada penghitungan suara, rekapitulasi suara, sidang pleno, dan sampai nanti ke KPU.


“Kita yakinkan pelaksanaannya aman tentram aman ditel dan kondusif. Oleh karena itu yang dibutuhkan adalah keseriusan cara bertindak yang ditel dari teman-teman sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi),’’ ujar Jendral bintang dua polisi yang juga pernah menjabat Kadiv Humas Polri itu.

Beberapa hari belakangan, kata Kapolda, sudah dibekali pembinaan teknis, pembekalan-pembekalan cara bertindak. Sehingga diharapkan saat turun ke lapangan sudah bisa langsung bekerja.

“Laksanakan betul tugas mulia ini. Sinergi yang kedua menjadi yang menjadi variabel utama juga, kita bersinergi bergandengan tangan, TNI-Polri, pemerintah daerah dan provinsi. Bahkan seluruh elemen masyarakat yang bertugas nanti, baik KPU, kpps dan seluruh petugas yang ada,” ucap Kapolda, yang meraih gelar Datok LAMR Provinsi Riau ini.

Momentum ini, sambung Kapolda, adalah momentum yang mulia dalam operasi mulai kepolisian, yang paling tinggi derajatnya. Operasi yang mengamankan pemilihan Presiden, DPR RI, DPD, DPR Provinsi dan DPRD Kota.

“Kita yakin dan percaya dari semua integritas yang kita jaga semua ini akan berhasil. Jangan lupa kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena Allah SWT adalah penolong yang ampuh,” sebut Kapolda.

“Saya berpesan pertama jaga integritas, jaga betul bahwa saudara adalah penjamin keamanan, penjamin keberlangsungan pemungutan suara, penjamin terwujudnya kondusifitas pendistribusian logistik dan seluruh tahapan-tahapannya,” lanjut Kapolda.

Seluruh personel juga diingatkan menjaga integritas, jangan jadi pemicu. Personel harus disiplin, karena disiplin menjadi napas utama keberhasilan tugas ke depannya.

Kedua, lanjut Kapolda, personel diminta untuk dapat menjaga betul kesehatan, karena kesehatan dan keselamatan tidak kalah penting.  “Jaga kesehatan, apabila ada kesempatan usahakan istirahat, walau beberapa menit. Kesehatan menjadi variabel yang paling penting,” pesan Kapolda.

Kapolda juga memerintahkan agar personel saat tiba di TPS langsung scanning wilayah masing-masing, kenali, linmas, KPPS, camat, Danramil, seluruh tokoh agama dan masyarakat. ‘’Catat betul nomor hp-nya,’’ pintanya.

“Perintah ini termasuk di lokasi yang paling jauh, Inhil, Meranti dan di tempattempat terpencil lainnya. Seluruh TNI-Polri, Lanal dan lainnya akan bergerak ke lokasi. Anda telah ditunggu oleh petugas di sana,” sambung Kapolda.

Kapolda juga mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak. Sehingga terlaksananya apel ini.

Lebih jauh, beber Kapolda, personel yang di-BKO-kan ke seluruh kabupaten/kota se-Riau berjumlah 1664 personel.
Di sana, kata Kapolda, personel dari Kodim, Korem dari Polsek sudah standby di lokasi. Bahkan mereka sudah ada yang insert di TPS sebelumnya.

“Dari seluruh personel itu 943 di antaranya merupakan petugas pengamanan TPS. Sisanya BKO Brimob semua kabupaten/kota, kita BKO-kan ada yang 60 ada yang 30 personel,” urai Kapolda.

Pengerahan ini, jelas Kapolda, untuk menjaga apabila ada dinamika dan juga untuk melaksanakan patroli bersama Kodim dan Korem.

“Saat bertugas, kita patroli mengapa masyarakat untuk menjamin seluruh rangkaian kegiatan sebelum hari pasca. Doakan saja kita dapat mewujudkan keamanan damai dan kondusifitas,” pesan Kapolda.

“Kita yakin dan percaya selama kita kompak bergandengan tangan seluruh elemen masyarakat,” imbuhnya.

Terkait permasalahan banjir yang terjadi beberapa waktu belakangan, pihaknya memperkirakan akan berjalan lancar. Hasil peninjauan Gubernur, banjir saat ini sudah mulai kering.

“Alhamdulillah setelah ditinjau pak gubernur, Kampar dan Pelalawan sudah kering. Kalaupun tidak, teman-teman KPU sudah menyiapkan TPS alternatif,” tutup Kapolda.

Saat pelepasan personel ini, Gubernur Riau Edy Natar Nasution yakin akan berjalan lancar, karena sudah direncanakan dengan sangat baik oleh Kapolda, Danrem, Danlanud.

“Saya yakin pelaksanaan Pemilu di Riau akan berjalan lancar. Karena pelaksanaan ini sudah direncanakan dengan sangat baik, di bawah pimpinan Kapolda, Danrem, Danlanud, Insya Allah akan berjalan dengan baik,” singkat, Gubri kemudian melepas personel pengamanan. 

Raih Penghargaan Bawaslu Riau 

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH meraih penghargaan pada kegiatan Bawaslu bertajuk Riau on Car Free Day dengan tema "Jalan Sehat, Raga Kuat Pemilu Berdaulat" di areal Car Free Day (CFD) Jalan Cut Nyak Meutia Pekanbaru, Ahad (11/2/2024).

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal SE MIKom menyampaikan, pihaknya hari ini sudah masuk dalam masa tenang.

"Sebagai Bawaslu kita harus siap sedia jika ada sesuatu yang terjadi menyangkut tentang Pemilu, terutama jika ada kecurangan-kecurangan yang mengancam demokrasi di negeri ini," ungkap Alnofrizal.
Bawaslu Riau, lanjut Alnofrizal, juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, karena selama tahapan Pemilu ini Polda Riau luar biasa mendukung Bawaslu.

"Jika melihat aktivitas yang telah dilakukan Polda Riau dari mulai kegiatan Doa bersama yang menghadirkan ustad Kondang Das’at Latif kemudian pengawalan logistik Pemilu dengan tingkat VIP, untuk itu Bawaslu memberikan penghargaan kepada Polda Riau," lanjut Alnofrizal.

"Dengan ini Bawaslu Riau memberikan penghargaan spesial kepada Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqal," ucapnya, kemudian menyerahkan penghargaan.

Alnofrizal juga memperkenalkan maskot baru berupa Burung Hantu yang menyimbolkan Bawaslu yang mampu bekerja di saat gelap yang notabene burung hantu bangun pada malam hari yang gelap. Adapun nama maskot tersebut bernama Wasra (pengawan responsip dan adil) dan Wasri (Pengawas berintegritas).

Kapolda dalam sambutannya menyampaikan, bahwa demokrasi adalah simbol kedaulatan rakyat dan 14 Februari pemungutan suara untuk menggunakan hak pilih untuk memilih pemimpin bangsa. Ia juga mengucapkan terima kasih banyak, karena tahapan sampai hari ini berjalan dengan baik dan semoga ke depan menjadi berkah.

"Atas penghargaan dari Bawaslu ini, saya juga berterima kasih. Penghargaan ini untuk seluruh anggota Kepolisian Daerah Riau, karena mereka anggotalah yang bekerja siang, malam untuk menjamin mewujudkan Pemilu damai, aman, kondusif, berintegritas. Insya Allah berkah dan terwujud di Provinsi Riau ini," pungkas Kapolda. ***

 

 



Baca Juga