Kadisdik Riau: SMA/SMK Tatap Muka Tak Perlu Izin Disdik  



KLIKMX.COM, PEKANBARU--Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram menyatakan, bagi sekolah setingkat SMA dan SMK yang ingin melaksanakan proses belajar tatap muka tidak perlu meminta izin dari dinas yang dipimpinnya.

Kepala Disdik Riau, Zul Ikram Selasa (26/1/2021) menegaskan, yang paling utama dalam menjalankan proses ini adalah penerapan protokol kesehatan.

''Bagi pihak SMA/SMK sederajat di Riau yang akan melaksanakan belajar tatap muka tidak perlu meminta izin ke Disdik Riau,'' jelas Zul Ikram. 

Gear Ramadan

Dia mengakui, memang secara kewenangan seluruh SMA/SMK sederajat ada di bawah naungan provinsi. 

Menurutnya, beberapa waktu lalu, memang sekolah tingkat SMA/SMK sederajat di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Riau saat ini sudah mulai melaksanakan belajar tatap muka terbatas. 

Hasil pantauan pihaknya, untuk pelaksanaan sekolah yang melaksanakan belajar tatap muta terbatas, sudah berjalan sesuai aturan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

''Alhamdulillah, hasil pantuan kita di lapangan sudah berjalan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan,'' ungkap dia.

Menurutnya, sejauh ini setiap sekolah yang melaksanakan tatap muka telah melaksanakan protokol kesehatan, yakni dengan menyiapkan tempat cuci tangan, siswa dan guru wajib menunggunakan masker, dan dicek suhu tubuhnya sebelum masuk lingkungan sekolah. 

Selain itu, untuk kapasitas siswa di dalam kelas hanya boleh diisi 50 persen dari daya tampung dan harus menjaga jarak. 

Sebelumnya, pembukaan sekolah untuk SMA/SMK sederajat di Riau yang sudah melaksanakan bejalar tatap muka dilakukan Pemkab Kabupaten Siak, Kampar, Kuansing. 

''Yang terbaru Pemkab Kepulauan Meranti masih dalam tahap persiapan,'' kata Zul Ikram.

Karena itu, ia berpesan, bagi pihak sekolah yang ingin menerapkan sistem belajar tatap muka. Agar dapat berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah.

''Kalau ingin membuka sekolah, baiknya koordinasi dengan Satgas Kabupaten Kota. Dalam hal ini mereka yang memiliki wilayah dan yang tau kondisi di lapangan daerah,'' pungkasnya.***

Baca Juga