SD Al Ulum Tingkatkan Kemampuan Guru Mengajar Daring Melalui FGD dan Pelatihan 



KLIKMX. COM,  PEKANBARU -- Menghadapi metode belajar daring selama pandemi Covid-19,  SD Al Ulum islamic School menggelar pelatihan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan pembelajaran berbasis internet. 

Kegiatan yang dikemas dalam focus group disscussion (FGD) ini digelar Kamis (8/10/2020) di sekolah tersebut.  Diikuti oleh para guru termasuk orangtua murid dengan trainer Linda SSi, pelatihan ini berlangsung sejak siang hingga sore hari. 

Linda SSi membeberkan bagaimana teknik memanfaatkan sarana teknologi berbasis internet yang saat ini banyak digunakan untuk pembelajaran daring.  Seperti Google ClassroomPowtoon dan Powerpoint untuk video pembelajaran dan sebagainya.  Peserta juga diajarkan membuat konten-konten pembelajaran,  khususnya matematika yang menyenangkan bagi siswa. 

Gear Ramadan

"Di sini kita mengajak para guru bagaimana misalnya membuat konten video pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan kecanggihan berbagai aplikasi yang tersedia di internet," kata Bunda Linda,  sapaan akrabnya.

Diakui Bunda Linda,  nilai positif dari  kondisi pandemi ini adalah,  para guru termasuk anak dan orangtua murid dipaksa meningkatkan kemampuan menggunakan teknologi informasi.  Juga,  memaksa guru untuk lebih kreatif mengembangkan kemampuan mengajarnya. 


Sementara itu Kepala Sekolah SD Al Ulum Islamic School,  Dasmiati Pribadi SPd mengatakan,  traning seperti ini sebelumnya sudah dilakukan pada Agustus lalu. 

"Dengan training dan FGD ini kita berupaya mencari terobosan baru.  Mengidentifikasi permasalahan yang ditemui dari anak dalam menguasi pelajaran. Kita berusaha mencari inovasi media pembelajaran yang menarik, " tutur Mam Des,  begitu Kepsek ini biasa disapa. 

Para peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan dan bersemangat untuk mendapatkan ilmu baru dalam teknik pembelajaran menggunakan fasilitas internet. 

Salah seorang peserta, Ustadzah Siska mengaku senang dan bersyukur kegiatan ini bisa diselenggarakan SD Al Ulum Islamic School. 

"Alhamdulillah,  hari ini kita semua telah mengikuti kegiatan FGD dan pelatihan ini.  Di mana dalam kegiatan ini kita mendapatkan ilmu-ilmu baru. Ada ide-ide baru untuk memberikan pelayanan bagi anak-anak kita dalam membuat bahan ajar yang menyenangkan.  Terlebih dalam masa pandemi ini anak-anak belajar di rumah tetapi tetap bisa mengikuti pelajaran dengan serius dan menyenangkan," ucap Ustadzah Siska. ***

Baca Juga