Peserta Kurban di RW 02 Tangkerang Labuai Meningkat,  Sembelih 16 Sapi 1 Kambing



KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Panitia hewan kurban Masjid Masyitah, RW 02 Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya menyembelih 16 ekor sapi, dan satu ekor kambing, Selasa (20/7). 

Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, kegiatan berjalan lancar. Secara bergotong royong, warga antusias dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban di hari raya Idul Adha 1441 Hijriah. 

Pemotongan dilakukan di lapangan terbuka di Gang Firdaus I. Panitia dan jamaah Masjid Masyitah saling bahu membahu dalam kegiatan ini. 

Promo Nmax Juli

"Alhamdulillah tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Baik jumlah hewan kurban dan peserta," terang Ketua Panitia Kurban Masjid Masyitah Novri Wahyudi di sela-sela kegiatan. 

Menurutnya, sejak lima tahun terakhir ini merupakan tahun paling banyak peserta kurban. Walaupun ditengah kondisi pandemi Covid-19 semangat berkurban warga RW 02 Tengkerang Labuai tetap tinggi. 

Tahun ini ada 113 peserta kurban, sementara tahun lalu dikatakan Novri, hanya ada 12 ekor sapi dan empat ekor kambing. Panitia telah menyebarkan sebanyak 550 kupon pengambilan daging kurban. 

Selain dari warga yang berada dilingkungan RW 02, kupon kurban juga diberikan kepada lingkungan tetangga dan panti asuhan.

"Untuk kulit hewan kurban kita berikan ke panti asuhan. Nanti panti lah yang mengolah atau menjualnya. Karena panitia tidak dibenarkan menjual kulit," terangnya. 

Ia memastikan, pelaksanaan pemotongan hewan sendiri dengan menerapkan protokol kesehatan. Panitia menyediakan tempat cuci tangan, masker, hand sanitizer dan melakukan imbauan jaga jarak. 


Ketua panitia pemotongan hewan kurban Masjid Masytah, Novri Wahyudi (kanan) menunjukkan bungkusan daging yang akan dibagikan ke warga.

 

Pelaksanaan juga dipantau langsung dokter hewan dari Dinas Peternakan Provinsi Riau. Hal ini guna memastikan kesehatan hewan dan kesegaran daging kurban. 

Ia juga mengapresiasi tingginya semangat gotong royong warga setempat. Warga dengan kesadaran sendiri memberikan makanan untuk konsumsi panitia selama pemotongan hewan berlangsung. 

"Untuk masak-masak di masa pandemi ini kita serahkan ke katering untuk menghindari kerumunan. Petugas katering juga berasal dari warga kita, sehingga yang bersangkutan memberikan sumbangan yang luar biasa membantu panitia," jelasnya. 

Hadir dalam kegiatan itu Ketua RW 02 Tangkerang Labuai Helmi Burman, Ketua RT 01 Ahmad Rusdi, Ketua RT 02 Feri Mustika, Ketua RT 03 David, Ketua RT 04 Khairudin dan Ketua Pemuda, Metri. ***

Jual-Rumah

Baca Juga