Kurang Peserta Didik, Dua SD Negeri di Pekanbaru Ditutup

  • Selasa, 09 Juli 2024 - 16:57 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU --Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, bakal menutup dua Sekolah Dasar (SD) negeri lantaran kekurangan murid. Dua sekolah tersebut di antaranya SDN 57 dan SDN 87.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, penutupan dua sekolah bersangkutan akan dilakukan lantaran tidak adanya peserta didik. Seperti SDN 57 di Jalan Semangka, pada PPDB tahun ini baru terdapat 4 calon peserta didik yang mendaftar.


"Kalau (SDN) 87 memang sudah tidak terima murid tahun ini, jadi rencana kita tutup sekolah tersebut," kata Abdul Jamal, Selasa (9/7/2024). 


Jamal menyebut, nantinya untuk SDN 57 akan digabungkan atau di-merger dengan SDN 153. Hal ini mengingat jarak kedua sekolah tersebut tidak terlalu jauh sehingga bisa dimerger. 

"Karena jaraknya (SDN 57) hanya sekitar 200 meter dengan 153. Jadi dua sekolah ini kita merger saja, nanti yang 57 kita tutup," terang Jamal.

Sementara untuk SDN 87 akan dimerger dengan salah satu SDN yang terdekat di kawasan itu. 


"Jadi ada dua sekolah yang akan kita merger. Ini cara kita antisipasi sekolah yang kurang peserta didiknya," ucap Jamal.

Untuk proses merger sendiri, kini Disdik Pekanbaru masih menunggu proses pengalihan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). "Target kita dalam waktu dekat sudah dimerger," pungkasnya. ***



Baca Juga