Satu dari Lima Pesawat Super Hercules Tiba di Lanud Halim Perdanakusuma

  • Selasa, 07 Maret 2023 - 11:03 WIB


KLIKMX.COM, JAKARTA– Indonesia kembali memperkuat alat utama sistem senjata (alutsista).  Satu dari lima pesawat Super Herkules C-130J-30 telah tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/3/2023). Ketibaan  pesawat yang dibeli TNI Angkatan Udara (AU) itu sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Indonesia membeli lima pesawat Super Hercules kapda perusahaan Amerika Serikat, Lockheed Martin Aerospace. Empat pesawat lagi rencananya tiba pada Juni, Juli, Oktober tahun ini dan Januari 2024.

Besok Rabu (8/3/2023) Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dijadwalkan menyerahkan pesawat angkut itu secara resmi kepada TNI-AU. Secara bertahap, pesawat angkut berat dari Lanud TNI-AU Halim Perdanakusuma akan dipindahkan ke Lanud TNI-AU Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.


Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman menyampaikan, seluruh C-130J-30 Super Hercules akan ditempatkan di Skadron Udara 31 yang bermarkas di Lanud TNI-AU Halim Perdanakusuma.

”Pesawat (Hercules) tipe H di Skadron Udara 31 akan bergeser ke Lanud Abdulrachman Saleh di Malang untuk memperkuat Skadron Udara 32,” kata dia. Dengan begitu, Skadron Udara 32 di Malang tidak lagi menggunakan pesawat Hercules tipe B (tipe tertua). Pesawat Hercules tipe B itu, lanjut Gustaf, berumur tua sehingga perlu disudahi masa tugasnya.(jpg)

 



Baca Juga